-->
    |

Kapolri : Meski Kondusif, Potensi Kerawanan Nataru Harus Dipetakan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Jakarta : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan bahwa situasi Kamtibmas sampai saat ini masih relatif kondusif. 

Meski demikian, ia meminta seluruh jajarannya memetakan potensi kerawanan dan mengantisipasi sejak dini potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Natal dan tahun baru pada tahun ini.

Kapolri menegaskan perlu ada antisipasi karena pada akhir 2021 terdapat banyak kegiatan yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas apabila tidak dikelola secara baik.

" Seluruh kepala Satker dan kepala Satwil sudah harus mulai memetakan potensi kerawanan dan mempersiapkan rencana pengamanan serta langkah-langkah antisipasi," ujarnya melalui konferensi video pada seluruh jajaran, Rabu (24/11/21).

Ia juga mengatakan yang harus diantisipasi sejak dini antara lain gangguan kelompok bersenjata Papua, unjuk rasa dan aksi terorisme. 

Selain gangguan kamtibmas, Kapolri meminta kepada seluruh jajarannya untuk bergerak cepat dalam upaya mitigasi bencana alam.

Jenderal polisi bintang empat itu menekankan pula bahwa Polri harus hadir dengan cepat untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam. 

Oleh sebab itu, perlu dilakukan simulasi penanganan bencana agar pada saat terjadi bencana maka seluruh personil yang bertugas sudah siap dan tahu akan tugasnya.

" Dirikan posko serta siapkan sarana-prasarana evakuasi dan penanggulangan genangan air bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait untuk mempercepat penanganan banjir, evakuasi warga, distribusi logistik dan lainnya," jelasnya. 

Selain antisipasi gangguan kamtibmas, Kapolri juga menyampaikan kepada jajaran untuk fokus mempersiapkan pengamanan dan pengendalian covid-19 menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. 

Pemerintah telah menetapkan PPKM tingkat III saat libur Natal-Tahun Baru guna mengantisipasi pertumbuhan angka virus corona. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini