|

Kabupaten Blora Tiru Pemko Medan Terapkan E-Parking

Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan Wakil Bupati Blora Tri Wuli Setyowati di Kantor Wali Kota Medan, Rabu (17/11/2021).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Kabupaten Blora sangat tertarik untuk mempelajari system E-Parking yang saat ini diterapkan Pemko Medan. System E-Parking ini dinilai sangat membantu dalam mencegah terjadinya kebocoran PAD dari sektor parkir.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan Wakil Bupati Blora Tri Wuli Setyowati di Kantor Wali Kota Medan, Rabu (17/11/2021).

Bobby menjelaskan dasar dari e-parking diterapkan di Kota Medan karena retribusi dari sektor parkir sering mengalami kebocoran dan tarif parkir yang tidak menentu sehingga meresahkan masyarakat.

"Selama penerapan e-parking ini pendapatan Kota Medan dari sektor parkir meningkat hingga 155%," kata Bobby.

Dalam system pembayaranya, Bobby menjelaskan Pemko Medan menggunakan pembayaran non-tunai dengan skema pembayaran menggunakan QRIS dan e-money.

"Cara pembayaran parkir menggunakan non tunai dengan menggunakan QRIS. Meski begitu kami menyadari masih ada kendala di mana masyarakat masih belum terbiasa dengan sistem QRIS tersebut. Karena itu kami menambah skema pembayaran dengan menggunakan e-money," jelasnya.

Tidak hanya terkait dengan e-parking saja, dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai pengembangan UMKM di Kota Medan.

Bobby menjelaskan saat ini pelaku UMKM di Kota Medan didorong untuk memanfaatkan digitalisasi. Salah satunya dengan mendaftarkan pelaku UMKM ke e-katalog lokal Pemko Medan sehingga makan dan minum di Pemko Medan dapat menggunakan produk dari UMKM.

"Dengan begitu produk yang dihasilkan pelaku UMKM dapat kami serap dan kami juga memberikan bantuan sebesar Rp2.5 juta untuk pelaku UMKM yang sudah terdaftar dalam e-katalog lokal Pemko Medan," sebut Bobby.

Bobby Nasution juga menciptakan program sakansawira (satu kelurahan satu sentra kewirausahaan) dan berkerja sama dengan supermarket dan perhotelan agar menggunakan produk dari UMKM.

Sementara itu Wakil Bupati Blora Tri Wuli Setyowati sangat tertarik dengan penerapan e-parking di Kota Medan dan ingin menerapkan sistem e-parking ini di Kab Blora.

"Kami sudah meninjau langsung ke lapangan, dan saya kira sangat baik untuk kami terapkan," kata Tri Wuli Setyowati.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini