-->
    |

Kasetukpa Polri Buka Bintara Lemdik dan Orientasi Lingkungan PAG Gelombang I

Kegiatan pembinaan Tradisi (Bintra) Lembaga Pendidikan (Lemdik) dan orientasi lingkungan peserta didik Pendidikan Alih Golongan (PAG) Bintara ke Perwira Polri Gelombang I Tahun 2021 resmi dibuka.(foto: ist) 

INILAHMEDAN
- Sukabumi: Kegiatan pembinaan Tradisi (Bintra) Lembaga Pendidikan (Lemdik) dan orientasi lingkungan peserta didik Pendidikan Alih Golongan (PAG) Bintara ke Perwira Polri Gelombang I Tahun 2021 resmi dibuka.

Kegiatan dibuka Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto didampingi Ketua Bhayangkari Cab 04 Setukpa Tasha Mardiaz di lapangan Soetadi Ronodipuro Setukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (12/10/2021).

Acara tersebut diikuti secara serentak oleh satuan pendidikan lain yang menyelenggarakan PAG Gelombang I dengan inspektur upacara masing masing Kasatdik / Kapusdik. 

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kasetukpa Lemdiklat Polri menegaskan, bahwa Bintra Lemdik dan orientasi pengenalan lingkungan merupakan pembelajaran bagi para Serdik PAG.

" Dalam setiap tugas dan kegiatan yang akan dilaksanakan, idealnya tugas tersebut harus dikenali terlebih dahulu, sehingga kita dapat mengukur kekuatan, kemampuan, sarpras yang dibutuhkan, memperhitungkan resiko, menentukan target, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya tidak terdapat kendala yang berarti," katanya.

"Dia juga meminta agar memanfaatkan kesempatan para Serdik dengan baik selama berada di Setukpa. Selain itu jalani prosesnya dengan serius, hingga saatnya nanti para Serdik menjadi Perwira Polri yang memiliki 12 karakter kebhayangkaraan  Yaitu beriman, cinta tanah air, demokrasi, disiplin, kerja keras dan cerdas, professional, sederhana, empati, jujur dan ikhlas, adil, teladan dan berintegritas," ujar Brigjen Mardiaz.

Kasetukpa juga menyampaikan, para Serdik PAG setelah lulus dari pendidikan dituntut harus memiliki kompetensi dasar (7 profil) lulusan Setukpa yang meliputi sebagai jembatan pimpinan dan bawahan, sebagai wakil manajer / pimpinan yang terdekat dengan bawahan, harus memiliki kepemimpinan tingkat dasar sebagai motivator dan dinamisator serta peningkatan kinerja.

"Lalu adaptif terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat, harus mampu menterjemahkan kebijakan pimpinan menjadi penugasan operasional harian di lapangan. Kemudian mampu melakukan pengendalian dan pengawasan anggota di lapangan dan harus menjadi kunci sukses jalannya manajemen," paparnya.

Dalam upacara tersebut Kasetukpa beserta Ketua Bhayangkari Cab 04 Setukpa Tasha Mardiaz secara simbolik menyiramkan air bunga kepada perwakilan siswa. 

Sebagai tanda bahwa para Serdik PAG adalah bagian dari keluarga besar Setukpa Lemdiklat Polri. 

Yang harus mengenal lebih dekat Lembaga Setukpa guna menumbuhkan rasa cinta, bangga kepada almamaternya, bergairah dan termotivasi untuk mengikuti proses pendidikan dengan sungguh – sungguh. (imc/joy)

Komentar

Berita Terkini