-->
    |

Bupati Dairi Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani.


INILAHMEDAN
- Sidikalang : Pemerintah Kabupaten Dairi menyerahkan bantuan sarana peralatan dan mesin pertanian (alsintan) serta menyerahkan secara simbolis satu juta bibit kopi tahap II dari Perusahaan Jacobs Douwe Egberts (JDE) dan PT Wahana Graha Makmur pada Kamis (30/09/21) di pelataran pendopo Bupati.  Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang turut dihadiri oleh Pimpinan PT. Wahana Graha Makmur Suryo Pranoto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Johnny Hutasoit, Inspektur Budianta Pinem serta Camat se-Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi Eddy Berutu dalam sambutannya mengatakan untuk mendatangkan bantuan peralatan alsintan ini membutuhkan waktu mengingat Presiden Joko Widodo bersama dengan para Menteri dalam memberikan anggaran sangat cermat. Bupati Eddy mengatakan alsintan tersebut diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi dan diperjuangkan hingga akhirnya disetujui oleh Menteri Pertanian.

"Ini sesuatu yang harus diperjuangkan dan banyak kelompok tani lain yang sangat membutuhkan, namun akhirnya di berikan kepada kelompok tani di Kabupaten Dairi," sebutnya.  Oleh karena itu, Bupati Eddy mendorong setiap organisasi perangkat daerah (OPD)  Kabupaten Dairi untuk tetap semangat dalam meyakinkan Kementrian agar perhatian kepada Kabupaten Dairi lebih besar lagi, sehingga harapan pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dapat tercapai.

"Alat-alat ini saya titipkan kepada saudara saudaraku semua, gunakan dan jagalah dengan sebaik baiknya. Segera gunakan seefektif mungkin untuk meningkatkan produksi pertanian yang berlipat ganda," pesan Bupati Eddy selanjutnya kepada kelompok tani.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Eddy menyampaikan kepada kelompok tani bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi saat ini sedang membangun sebuah dermaga di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan. 

Pembangunan dermaga tersebut diutarakan Bupati Eddy atas usulan dan tindaklanjut yang dilakukan Bupati kepada Kementrian terkait untuk meyakinkan pihak Kementrian bahwa Kabupaten Dairi sangat butuh fasilitas dermaga tersebut.

"Dengan adanya dermaga tersebut, maka nantinya lalu lintas pengiriman barang ke daerah seputar kawasan danau toba bisa lebih lancar dan sektor pariwisata kita akan kembali membaik. Dermaga itu akan menjadi dermaga yang pertama yang dibangun di Dairi khususnya di Silahisabungan, tambah Bupati Eddy saat menjelaskan bantuan lain yang diberikan Kementrian kepada Kabupaten Dairi.

Terkait dengan bantuan bibit kopi, Bupati Eddy menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pimpinan PT. Wahana Graha Makmur yang telah memberikan dukungan dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan Jacobs Douwe Egberts (JDE). "Selamat kepada anda petani kopi yang akan menerima bantuan bibit dan komit untuk mengembangkan kembali kejayaan kopi sidikalang. Saya juga telah berkomunikasi dengan PT. Wahana agar ada jaminan pembelian kopi setelah panen nantinya," pungkas Bupati Eddy.

Tak lupa Bupati Eddy menyampaikan kepada Pemerintah Pusat atas dukungan yang diberikan kepada Kabupaten Dairi dalam melaksanakan program pembangunan di Kabupaten Dairi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dairi Effendy Berutu dalam laporannya menyampaikan beberapa bantuan alsintan yang diserahkan diantaranya adalah mesin perontok padi sebanyak 10 unit; mesin perontok multiguna untuk padi, jagung dan kedelai sebanyak 2 unit; mesin pemipil jagung sebanyak 5 unit; had traktor bajak sawah sebanyak 4 unit; cultivator bajak tanah kering/darat sebanyak 12 unit; hand sprayer elektrik sebanyak 7 unit serta penyerahan secara simbolis bibit kopi sebanyak 200 batang.  (imc/am/nt)

Komentar

Berita Terkini