-->
    |

Adopsi Kearifan Lokal, Kemenparekraf Gairahkan Industri Event Lewat Kampanye CHSE

Perwakilan Kemenparekraf RI Edy Wardoyo pada sosialisasi penerapan CHSE di U9 Bar & Lounge, Hotel King's Palace, Jalan Abdullah Lubis Medan, Selasa (13/10/2021).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf) menyosialisasikan kampanye Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) untuk penyelenggaraan acara (event). Event ini akan mengadopsi kearifan lokal di bidang seni budaya, olah raga, musik dan lainnya guna menunjang daya tarik wisata.

"Ada enam kota di Indonesia yang menjadi target kita dalam sosialisasi ini dengan ekosistem industri event yang berkembang. Kampanye bertujuan untuk membangkitkan semangat pelaku event di Indonesia untuk tetap berkreasi di tengah pandemi dengan mengadopsi kearifan lokal," kata Perwakilan Kemenparekraf RI Edy Wardoyo pada sosialisasi penerapan CHSE di U9 Bar & Lounge, Hotel King's Palace, Jalan Abdullah Lubis Medan, Selasa (13/10/2021).

Edy Wardoyo mengharapkan lewat Sosialisasi Cerita Protokol CHSE Event (CERPEN), Kemenparekraf akan mengembalikan gairah industri event di berbagai daerah. Sosialisasi CHSE digelar dalam tiga fase yakni di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Lombok. Sosialisasi dimulai pada Agustus hingga November 2021.

"Kita menargetkan audiens yang luas dari berbagai kalangan. Kita juga akan berkolaborasi dengan media konvensional maupun digital lokal mulai dari stasiun televisi, berita online, radio, dan podcast di setiap kota di Indonesia untuk mempromosikan program CHSE di wilayahnya masing-masing. Diharapkan melalui inisiatif ini, industri pariwisata khususnya destinasi event dan ekonomi kreatif tetap berinovasi dan berkarya," katanya.

Inisiatif sosialisasi CHSE event ini, kata dia, juga menggaet para pekerja kreatif untuk mensosialisasikan CHSE ke dalam bahasa daerah agar mudah dipahami masyarakat setempat. Sebagai contoh, lewat kolaborasi dengan stasiun televisi lokal Jawa Timur, JTV, para pekerja kreatif di Jawa Timur mengajak penduduk setempat untuk memahami CHSE melalui sebuah acara ketoprak humor.

"Berbagai daerah lain di Indonesia juga melakukan sosialiasi CHSE dengan sentuhan kearifan lokal di wilayahnya masing-masing," katanya.

Dengan melibatkan berbagai media lokal di seluruh daerah di Indonesia, kata dia, Kemenparekraf akan terus meningkatkan kampanye CHSE kepada masyarakat melalui acara-acara yang menarik dan bermanfaat. Seperti talk show dan konten kreatif lainnya.

"Dengan demikian masyarakat dapat tersosialisasi dengan baik tentang pentingnya mematuhi standar kesehatan di tatanan kenormalan baru," katanya.

Hadir sebagai narasumber pada sosialisasi penerapan CHSE itu Direktur Toba Caldera Word Festifal Irwansyah Harahap dan Event Planner Konser Musik Glen Biondi Hutajulu. Sosialisasi sipandu moderator Gina. Sosialisasi diisi dengan sesi tanya jawab seputar CHSE. (imc/bsk)





Komentar

Berita Terkini