-->
    |

Cegah Deteksi Dini Kanker Payudara, Ketua TP PKK Dairi Gelar Sosialisasi


INILAHMEDAN
- Sidikalang : Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Dairi sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu menggelar sosialisasi peduli lawan kanker serviks dan payudara dengan pencegahan dan deteksi dini Iva Test dan Sadanis di UPT Puskesmas Huta Rakyat, Selasa (28/09/21).

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi Ruspal Simarmata, Ketua Persit KCK Naomi Adietya Yuni Nortono, Ketua Bhayangkari Kabupaten Dairi Astri Wahyudi Rahman, Sekretaris, Kecamatan Sidikalang, Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Dairi dan perwakilan dari Organisasi Perempuan Dairi. 

Kegiatan tersebut merupakan yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Desa Sipoltong, Kecamatan Siempat Nempu Hulu. Bertujuan memberikan edukasi guna meminimalisasi dampak dan resiko bahaya kanker bagi warga khususnya kaum ibu. 

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, kanker serviks masih menjadi salah satu penyakit kanker dengan kasus paling besar di dunia bahkan di Indonesia. 

Ia menyebutkan bahwa menurut data yang diperoleh setiap harinya ada 20-25 wanita Indonesia meninggal dunia yang diakibatkan oleh penyakit tersebut. 

" Untuk itulah Yayasan Kanker Indonesia, termasuk Cabang Kabupaten Dairi dikukuhkan. Dan ini menjadi fokus kita untuk memberikan sosialisasi edukasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kepedulian melawan kanker serviks dan payudara." ujarnya. 

Ia menambahkan dengan melakukan sosialisasi peduli kanker dengan pencegahan dan deteksi dini, juga dilakukan nantinya sosialisasi dan edukasi untuk pemeriksaan sendiri.

" Kanker tidak sama dengan kematian. Kalau kita mau melakukan deteksi dini, sehingga pencegahannya juga sejak dini, maka peluangnya besar bisa disembuhkan. Kami dari Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Dairi mengajak ibu-ibu sekalian mau di deteksi dulu, dikenali dulu, kemudian akan diedukasi bagaimana cara memeriksa diri masing-masing," tuturnya. 

Menurut Romy Mariani, pencegahan dini bertujuan supaya kanker tersebut belum sampai stadium tinggi.

 Dia juga terimakasih atas kehadiran para ibu di kegiatan pada hari itu. Sekaligus pula mengajak ibu-ibu untuk ikut berpartisipasi mengkampanyekan pencegahan dini. 

" Ini bukan sesuatu yang tabu, jangan takut untuk memeriksakan diri. Karena dengan kesehatan lingkungan rumah tangga kita sehat. Sekali lagi, selamat melakukan Iva Test, mudah mudahan kita semua sehat," imbuhnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi Ruspal Simarmata, poin utama pencegahan dan penanganan kanker serviks dan payudara ada pada deteksi dini. Dengan deteksi atau dikenali sejak dini, tingkat kesembuhan hampir seratus persen. Dengan mengenali kanker sejak dini, maka penanganan medis akan lebih mudah.

" Untuk itu, kami sangat berharap bapak/ibu bisa menjadi promotor untuk menyampaikan informasi yang ilmiah khususnya kesadaran akan kepedulian kanker serviks dan payudara kepada masyarakat." jelasnya. 

Dalam kegiatan itu, Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Dairi Romy Mariani melihat langsung proses pemeriksaan dini Iva tes di ruang pemeriksaan UPT Puskesmas Huta Rakyat. 

Tidak lupa dalam kegiatan itu,  Romy Mariani mengimbau masyarakat khusunya peserta yang hadir untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 yang masih terjadi hingga kini. (imc/am/nt) 



Komentar

Berita Terkini