-->
    |

Perangi Covid-19, Bobby Prioritaskan Kesehatan Masyarakat


INILAHMEDAN - Medan: Kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama Wali Kota Medan Bobby Nasution selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  baik Darurat maupun Level 4 di Kota Medan.

Dalam penerapan PPKM tersebut, Bobby tidak ingin seperti yang dilakukan di daerah lain, di mana masyarakat yang melanggar protokol kesehatan langsung dijatuhkan sanksi. .

Bagi orang nomor satu di Pemko Medan ini, menekan angka kasus Covid-19 bukan orang (masyarakatnya) yang harus dihukum, tetapi harus virusnya. Karenanya, virusnya harus diperangi bersama sehingga pandemi Covid-19 dapat diatasi.

Jika pun ada masyarakat yang kedapatan melanggar prokes, Bobby Nasution minta tidak dihukum. Justru yang bersangkutan harus diperiksa guna memastikan apakah tubuhnya ada virus Covid-19 atau tidak. Apabila pemeriksaan menunjukkan hasil reaktif, maka warga yang bersangkutan akan dibawa ke tempat isolasi terpusat (isoter) yang dimiliki Pemko Medan.

"Seharusnya yang dihukum (diperangi) itu virusnya, bukan orangnya. Yang melanggar prokes, kita periksa apakah tubuhnya ada virus atau tidak. Kalau ada virus, kita bawa kemari (ex Hotel Soechi). Apabila setelah di PCR, hasilnya positif, langsung kita inapkan di tempat ini untuk menjalani isoman," kata Bobby Nasution  saat meninjau  tempat isoter di Ex Hotel Soechi Internasiona, Senin (09/08/2021).

Khusus eks Hotel Soechi, jelas Bobby, sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk mendukungnya sebagai tempat isoter.

Diungkapkannya, ex Hotel Soechi memiliki 240 kamar dengan fasilitas yang sangat baik, termasuk fasilitas gym dengan peralatan yang lengkap, kolam renang (dilarang dipergunakan), lapangan tennis dan basket.

"Penanganan Covid-19 tidak hanya sekedar minun obat dan vitamin saja.  Imunitas tubuh kita bisa dibentuk dari perasaan seperti rasa senang dan gembira. Jadi seluruh fasilitas untuk meningkatkan kebugaran yang ada di tempat ini bisa dimanfaatkan bagi warga yang terpapar Covid-19 guna meningkatkan imunitas tubuh mereka," tambahnya.

Langkah Bobby Nasution  yang lebih memprioritaskan kesehatan masyarakat dalam penanganan Covid-19 mendapat sambutan baik pengamat kesehatan Dr dr Delyuzar M Ked (PA) Sp PA (K). Dikatakan Delyuzar, melihat angka kasus Covid-19 yang cukup tinggi, memprioritaskan kesehatan masyarakat merupakan langkah yang sangat bagus dan benar. Sebab, terang Delyuzar, untuk pemulihan ekonomi harus dimulai dengan pendekatan kesehatan lebih dahulu, termasuk bersama melawan virusnya bukan orangnya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini