-->
    |

Presiden : Kewenangan Polri Harus Sejalan Dengan Teknologi Yang Semakin Canggih


INILAHMEDAN
- Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa penggunaan kewenangan Polri harus didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. 

Oleh karenanya, Polri harus berpacu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) untuk melawan bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Demikian presiden saat memberikan amanat pada peringatan ke-75 tahun Hari Bhayangkara Kamis (01/07/2021) di Istana Negara, Jakarta. 

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan Polri harus menggunakan kewenangannya secara bijak dan bertanggung jawab.

" Polri harus berpacu menguasai Iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan. Penggunaan kewenangan Polri harus juga didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir,” tuturnya.

Selain itu, Indonesia merupakan negara Pancasila, negara demokrasi dan negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Sehingga Polri dituntut tidak hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu, tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. 

" Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas. Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan dan harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat,” imbuh presiden.

Kepala Negara mengingatkan pula agar pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius dan transparan, sehingga karakternya dapat menyesuaikan tugas-tugas Polri dan menguasai perkembangan Iptek terbaru.

" Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius, rekrutmen, pendidikan, dan promosi harus dilakukan secara transparan dan akuntabel,” jelasnya.  

Selain itu, dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks, presiden turut meminta Polri untuk membenahi dan memperkuat manajemen serta kelembagaannya dengan memanfaatkan iptek demi mendukung Polri yang modern. 

" Polri harus membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, kebijakan penganggaran, serta monitoring dan evaluasi. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern,” tukasnya. 

Hadir mendampingi presiden dalam acara tersebut antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Sedangkan para undangan dan peserta lainnya turut mengikuti jalannya acara melalui konferensi video dari sejumlah lokasi di seluruh Indonesia. (imc/rel) 


Komentar

Berita Terkini