-->
    |

Serapan Anggaran Rendah, Camat di Dapil 1 dan 2 Curhat ke Komisi I


INILAHMEDAN - Medan: Sebanyak 9 camat di Daerah Pemilihan 1 dan 2 diundang rapat dengar pendapat oleh Komisi I DPRD Kota Medan di iruang Banmus lantai 3, Senin (21/06/2021).

Sembilan camat tersebut yakni Camat Medan Barat Rudy F Lubis, Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar, Camat Medan Baru I.C Simbolon, Camat Medan Deli Fery Suhery, Camat Medan Perjuangan Afrizal, Camat Medan Labuhan Rudy Asnaidy, Camat Medan Belawan Sulhan Fajri Harahap, sementara Kecamatan Medan Petisah dan Kecamatan Medan Marelan dianggap tidak hadir karena mengirim sekcam sebagai utusan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Medan Rudiyanto mengatakan sesuai kesepakatan pada rapat evaluasi triwulan laporan serapan anggaran haruslah dihadiri camat langsung. 

Melalui persetujuan bersama, maka Komisi I meminta agar Sekretaris Camat Medan Petisah dan Medan Marelan meninggalkan ruangan dan menunggu jadwal selanjutnya.

Pada pemaparan dari masing-masing camat mengaku bahwa rendahnya serapan anggaran yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan disebabkan belum adanya acuan baku untuk penggunaan anggaran yang telah ada di kecamatan. Hal ini membuat para camat ragu untuk menggunakan anggaran mereka karena khawatir menyalah. 

"Anggaran kami tidak terealisasi sementara anggaran telah tersedia, petunjuk pelaksanaan anggaran (juklak) belum keluar, sementara kami ingin mengadakan becak sampah, namun tertunda," ujar Camat Medan Deli Fery. 

Fery menambahkan dana kelurahan dan program masing-masing kelurahan juga belum dapat berjalan maksimal akibat terkendala Juklak yang belum keluar.

Anggota Komisi I Mulia Asri Rambe pada kesempatan itu mengatakan, atas keluhan para camat di Dapil 1 dan 2 ini, Komisi I berharap Pemko Medan segera mengedukasi dan memfasilitasi tentang penggunaan anggaran di kelurahan agar di triwulan kedua penggunaan anggaran dapat terealisasikan. 

Sahat Simbolon dari Fraksi Partai Gerindra pada kesempatan itu mengatakan harus ada sinergitas antara camat dan anggota DPRD Kota Medan yang duduk di Komisi I selaku kounterpart. 

"Mari kita jalankan komunikasi yang jauh lebih baik lagi dari sekarang, agar kita dapat saling support dan saling mengenal. Karena jika camat butuh masukan dan dorongan, Komisi I siap untuk mensuport dan mendorong selama itu untuk kepentingan masyarakat Kota Medan," kata Sahat.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini