|

Satgas TMMD Kodim 0204/DS Beri Masukan Agar Warga Bisa Kembangkan Usaha Pelepah Sawit


INILAHMEDAN
- Bangun Purba : Selain kewajiban melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana, selama pelaksanaan TMMD ke-111 Kodim 0204/DS banyak pelajaran yang diperoleh Satgas dari warga Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang.

Salah satunya adalah memanfaatkan daun pohon sawit menjadi sumber pendapatan. Caranya dengan menyerut daun menjadi lidi. Ternyata komoditas ini memiliki nilai ekonomi tinggi. Bahkan, lidi sawit saat ini sudah dijual hingga ke mancanegara.

Terkesan dengan upaya keras warga itu, Satgas TMMD memberikan masukan kepada warga. Pasalnya, selain lidinya, kulit pelepah pohon sawit juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

"Sebenarnya tidak hanya lidinya saja yang bisa dijual, tapi kulit pelepah pohon sawit juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Di provinsi lain, seperti Riau kulit pelepah pohon sawit juga sudah diekspor untuk pembuatan mebel," ujar salah seorang Satgas, Kamis (24/6/2021).

Ia berharap aparat pemerintah membantu mengembangkan usaha warga, sehingga pendapatan warga Desa Mabar bisa lebih ditingkatkan.

Terlebih dengan pelaksanaan TMMD di Desa Mabar, sarana jalan sudah sangat memadai, sehingga tidak ada lagi kendala warga yang meningkatkan kesejahteraan.

Menanggapi masukan dari personel Satgas TMMD ini, Kepala Desa Mabar Hendra Damanik mengucapkan terima kasih. Menurutnya, kehadiran personel Satgas TMMD di Desa Mabar memberikan dampak yang sangat positif bagi masa depan warganya.

"Saya sangat mengapresiasi upaya Satgas untuk memajukan desa kami. Selain mengerjakan proyek infrastruktur, ternyata mereka juga sangat peduli dengan perekonomian warga. Buktinya masukan untuk memanfaatkan kulit pelepah sawit sangat bermanfaat. Soalnya selama ini hanya lidinya saja yang dimanfaatkan," ujarnya.

Untuk itu, Hendra Damanik berjanji akan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, bagaimana agar pelepah pohon sawit ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan warga. (imc/tuah)

Komentar

Berita Terkini