-->
    |

BI Sumut Sosialisasi Penggunaan QRIS di Lingkungan Gereja HKBP


INILAHMEDAN - Medan: Dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat terhadap penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan PT BRI Kantor wilayah Medan menginisiasi pelaksanaan sosialisasi penggunaan QRIS di lingkungan Gereja HKBP wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut Soekowardojo menekankan berbagai manfaat dan kemudahan yang akan didapat melalui QRIS, khususnya di masa pandemi saat ini.

QRIS dapat menjadi alternatif sistem pembayaran yang aman dan higienis, karena dapat dilakukan secara  contactless, tanpa perlu bersentuhan, bahkan tanpa perlu bertatap muka.

“Selain itu, QRIS juga memiliki beberapa keunggulan seperti transaksi yang lebih cepat, pengeluaran tercatat, aman dan terlindungi karena diawasi Bank Indonesia (BI), efisien tanpa uang kembalian dan bebas biaya serta kekinian dan gratis,“ terang Soekowardojo, Senin (31/05/2021).

Dalam sosialisasi dan launching QRIS tersebut juga dilakukan pemaparan teknis pendaftaran dan penggunaan QRIS yang disampaikan oleh Oscar Hutagaol selaku Wakil Pimpinan PT BRI (Persero) Tbk wilayah Sumatera Utara.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan launching 8 Gereja HKBP yang telah memiliki QRIS ditandai dengan penyerahan QRIS secara simbolis dan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 ribu dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut.

Bahkan para peserta yang hadir secara langsung juga mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman langsung bertransaksi menggunakan QRIS.

“Dengan adanya hal tersebut, diharapkan peserta kegiatan ini dapat lebih memahami kemudahan dan manfaat bertransaksi secara nontunai menggunakan QRIS. Ke depannya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara akan terus berupaya meningkatkan literasi dan akseptasi QRIS di masyarakat Selain itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara juga akan terus mendorong PJSP agar semakin intensif dalam hal akursist merchant di berbagai komunitas guna mendorong ketersediaan layanan pembayaran nontunar serta pemulihan ekonomi di wilayah Sumatera Utara,“ tandasnya. (imc/fat)


Komentar

Berita Terkini