-->
    |

Paripurna Ranperda Perpustakaan, Wali Kota: Penguasaan TI Kunci Menangkan Globalisasi


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi (TI) merupakan kunci dalam memenangkan tantangan globalisasi.

"Salah satu sarana penting dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi informasi adalah perpustakaan," kata Wali Kota pada rapat paripurna Nota Pengantar Kepala Daerah terkait Ranperda Kota Medan tentang penyelenggaraan perpustakaan di DPRD Medan, Senin (17/05/2021).

Menurut Wali Kota, sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif adalah syarat mutlak dalam memenangkan era globalisasi saat ini.

"Jadi kita jangan pernah berhenti menimba ilmu pengetahuan, khususnya di bidang teknologi informasi," sebut menantu Presiden Jokowi ini.

Pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim, Wali Kota mengatakan minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi akan berujung pada sebuah kemunduran dan kegagalan dalam persaingan di era globalisasi.

"Jadi, keberadaan perpustakaan menjadi media pusat informasi dan sumber ilmu pengetahuan yang tidak akan pernah habis untuk diperdalam dan dikembangkan," katanya.

Penyelenggaraan perpustakaan, kata suami Kahiyang Ayu ini, selain untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya memajukan kebudayaan daerah maupun nasional.

Sementara itu dari segi perspektif penyelenggaraan pemerintahan daerah, kata dia, keberadaan perpustakaan juga diharapkan menjadi indikator suatu kemajuan.

"Perpustakaan harus dikelola dengan baik dan keberadaannya dapat dijangkau. Dengan begitu perpustakaan dapat berfungsi sebagai lembaga pendidikan nonformal yang dapat menunjang konsep pendidikan dan mengakselerasi usaha mencerdaskan kehidupan bangsa menuju masyarakat informasi," ujar Wali Kota.

Atas dasar itu, kata dia, Pemko Medan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan mengusulkan untuk membentuk rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan perpustakaan.

"Kami berharap ranperda ini dapat kita bahas secara bersama sehingga melahirkan suatu peraturan daerah yang baik, tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, mempunyai kepastian hukum, dan dapat dilaksanakan sebagai mana mestinya serta memberikan manfaat bagi kita semua," demikian Wali Kota.

Hadir pada paripurna itu Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan para anggota dewan serta pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini