|

Masyarakat "Simanteki Kuta" Desa Kacinambun Karo Gugat PT BUK ke PN Kabanjahe


INILAHMEDAN - Medan: Masyarakat "Simanteki Kuta" Desa Kacinambun Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo menggugat PT BUK (Bibit Unggul Karobiotek) ke PN (Pengadilan Negeri) Kabanjahe, Senin (31/05/2021). 

Masyarakat menuntut pembatalan HGU (Hak Guna Usaha) perusahaan tersebut, karena berdiri di atas tanah hak ulayat masyarakat Desa Kacinambun di Puncak 2000 Siosar.

Hal itu ditegaskan Ketua Masyarakat "Simanteki Kuta" Desa Kacinambun Juara Peranginangin didampingi Sekretaris Medis Ginting dan Bendahara Marlen Tarigan kepada wartawan, Senin (31/05/2021) di Kabanjahe seusai mendaftarkan gugatan ke PN Kabanjahe.

Mereka didampingi delapan penasehat hukum dari LBH (Lembaga Bantuan Hukum) DPD IPK (Ikatan Pemuda Karya) Karo masing-masing Musa H Pangggabean SH, Irwan Ferdinanta Tarigan SH, Marhaen SH, Remedy Atma P SH, Monang RH Pulungan SH, Juliadi Kaban SH, Jesaya H Pulungan SH dan Robinson Purba.

Menurut Juara Peranginangin, pihaknya menggugat PT BUK ke PN Medan karena ingin membatalkan  HGU perusahaan yang bergerak di bidang pertanian ini di atas tanah hak ulayat Desa Kacinambun yang akhir-akhir ini terjadi konflik dengan masyarakat di Puncak 2000 Siosar.

Sementara itu, salah seorang penasihat hukum masyarakat "Simanteki Kuta" Desa Kacinambun Jesaya H Pulungan membenarkan pihaknya selaku kuasa hukum masyarakat telah mendaftarkan gugatan ke PN Kabanjahe dengan nomor perkara  No.50/Pdt.G/PN.Kbj dan sidang perdananya akan digelar pada 9 Juni 2021.

"Kita lihatlah nanti proses jalannya sidang," ujar Pulungan singkat ketika ditanya peluang masyarakat "Simanteki Kuta" untuk memenangkan gugatan mengingat pemilik PT BUK Mujianto merupakan pengusaha terkenal asal Kota Medan.

Sementara itu, Ketua DPD IPK Karo Gembira Ginting ketika dihubungi melalui telepon juga mengakui sudah merestui LBH DPD IPK Karo mendampingi masyarakat "Simanteki Kuta" Desa Kacinambun untuk mencari keadilan terkait tanah Ulayat  mereka yang telah dikuasai PT BUK.

"Masyarakat "Simanteki Kuta" Desa Kacinambun memohon kepada kita untuk mendampinginya mencari keadilan, tentu kita siap memberi pembelaan hukum," tandas Gembira Ginting sembari meminta kepada LBH IPK Karo agar memperjuangkan keadilan bagi masyarakat yang merasa terzolimi.(imc/is) 



Komentar

Berita Terkini