|

Taiwan, Negara Yang Cocok Bagi Turis Muslim



Sahabat muslim di Indonesia. Apakah Anda sudah membuat daftar rencana perjalanan ke luar negeri pasca pandemi? Ada sebuah negara yang hanya membutuhkan waktu lima jam penerbangan langsung dari Indonesia ini diakui sebagai salah satu negara paling sukses dalam pencegahan pandemi, memiliki pemandangan yang indah, masyarakat yang sangat ramah, dan terkenal di dunia dengan makanannya yang lezat. 

Yang lebih penting lagi, negara ini pernah terpilih sebagai peringkat ke-3 dunia dalam Global Muslim Travel Index (GMTI). Pemerintah dan perusahaan swasta secara aktif mempromosikan berbagai sertifikasi halal dan berusaha untuk menciptakan lingkungan Muslim yang ramah. Sudah tertebak? Negara ini adalah Taiwan.

Berwisata kemana? 

Tempat wisata Taiwan yang indah tidak dapat selesai dikunjungi dalam waktu setahun. Banyak informasi wisata dapat ditemukan di Internet, situs web Biro Pariwisata Taiwan, dan agen perjalanan utama. Lingkungan wisata muslim yang ramah adalah nilai jual utama Taiwan. Anda dapat mengunduh APP "Taiwan Halal" yang dikembangkan oleh pelajar Indonesia di Taiwan, langsung menggunakan ponsel untuk menanyakan informasi perjalanan muslim yang ramah, termasuk lokasi tempat wisata, tempat ibadah, restoran, toko, hotel, mushola, nomor telepon, dan lain-lain. 


Membantu perencanaan yang lengkap untuk wisatawan adalah alat informasi yang penting bagi umat muslim untuk berwisata ke Taiwan. Saat ini telah terdapat musala di kawasan pemandangan nasional Taiwan, bandara, stasiun kereta api, dan juga di banyak tempat wisata penting seperti Sun Moon Lake, Alishan, dan Museum Istana Nasional, sehingga memudahkan bagi teman-teman muslim untuk menjalankan rutinitas sehari-hari. 

Operator bus wisata yang membawa grup wisata muslim juga mengatur ruang kendaraan yang terpisah antara pria dan wanita, sehingga teman-teman muslim dapat menikmati sepenuhnya perjalanan di Taiwan !

Makan apa dan tinggal di mana?

Sejak 2012, Biro Pariwisata Taiwan bekerja sama dengan badan sertifikasi sering mengadakan beberapa seminar tentang sertifikasi makanan dan wisata Muslim, dan mengeluarkan tanda "Sertifikasi Makanan Halal" dan tanda "Sertifikasi Restoran Ramah Muslim" untuk pelaku usaha perhotelan Taiwan. 


Banyak pelaku usaha perhotelan di Taiwan juga telah memperoleh sertifikasi terkait yang ramah bagi muslim, sehingga teman-teman muslim tidak perlu khawatir dalam memilih hotel untuk ditempati. Menurut statistik dari Biro Pariwisata Taiwan, pada Maret 2021, terdapat 276 restoran halal, restoran dan hotel ramah muslim di Taiwan, termasuk hotel bintang lima, peternakan rekreasi, dan makanan jalanan.  Bahkan jajanan Taiwan popcorn chicken yang terkenal ini, penjualnya juga menggunakan ayam segar bersertifikat halal, belum lagi banyaknya resto bakmi sapi halal dan berbagai resto halal di Taiwan, sehingga sahabat muslim bisa makan dari pagi hingga malam dengan nyaman.

Apa yang harus dilakukan jika mendadak jatuh sakit?

Banyak institusi medis di Taiwan telah memperoleh sertifikasi "Lingkungan Ramah Muslim". Di antaranya, pemda Kesehatan Kota Taipei telah mempromosikan kebijakan "Lingkungan Medis Ramah Muslim" (Muslim Friendly Environment)  rumah sakit yang terakreditasi menggunakan metode layanan medis yang terpisah untuk pria dan wanita, dan pasien wanita muslim hanya akan dirawat oleh staf medis wanita. Banyak rumah sakit juga telah merancang berbagai pilihan makanan halal, bahkan mendirikan mesin penjual makanan bersertifikasi halal di rumah sakit, serta melakukan berbagai pendidikan dan pelatihan agar staf medis dapat lebih memahami budaya muslim, kebiasaan makan serta meningkatkan kualitas layanan medis untuk pasien muslim.



Salat di mana? 

Ada 10 masjid di Taiwan. Kota-kota besar di utara, tengah, selatan dan timur memiliki tempat-tempat yang cocok bagi umat Islam untuk beribadah. Kawasan wisata utama, fasilitas umum, department store, dan pusat perbelanjaan juga didirikan mushola.  Diantaranya, Masjid Agung Taipei yang terletak di kawasan terbaik Kota Taipei, merupakan hasil karya seorang arsitek ternama Taiwan. Dua menara peribadatan di bagian luar tingginya lebih dari 20 meter. Bangunannya megah dan merupakan tempat penting bagi muslim untuk beribadah di Taiwan.



Apakah tertarik?

Taiwan terus menciptakan lingkungan ramah yang cocok untuk wisata muslim, dan ini jelas merupakan pilihan pertama bagi teman-teman muslim untuk bepergian ke luar negeri. Setelah pandemi, mari liburan santai ke wisata halal Taiwan! (imc/rel) 

Komentar

Berita Terkini