-->
    |

Sampah di Medan Capai 2300-2500 Ton Perhari



INILAHMEDAN - Medan: Permasalahan sampah di Kota Medan harus menjadi perhatian utama pengelolaannya sehingga tidak terjadi pencemaran udara.

Data dari Dinas Lingkungan Hidup dalam sehari tercatat 2300 hingga 2500 ton sampah. Hal ini terungkap dalam kegiatan Sosialisasi Perda (Sosper) No 6 Tahun 2015 tentang pengelolaan persampahan oleh Anggota DPRD Medan Wong Chun Sen di halaman SMKN 6, Minggu (28/02/2021).

Selain volume ribuan ton sampah yang disampaikan Maskuddin Lubis selaku Kasi Komunitas Jejaring dan Informasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan dalam sosper itu, ia juga menyampaikan dalam upaya mencegah pencemaran lingkungan tentunya tidak sekadar bagaimana mengangkut sampah lalu membawa ke Tempat Pembuang Akhir (TPA). Namun sistem pengelolaan sampah harus diperhatikan.

Menyambung itu, Wong Chun Sen menyebutkan harus ada kordinasi antara kelurahan, kecamatan dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Medan serta Dinas Lingkungan Hidup dalam menyikapinya.

Terlebih lagi, penyiapan tempat pembuangan sementara (TPS) ini harus menjadi perhatian karena masalah lahan yang kurang ini selalu terjadi penumpukan pada suatu tempat apalagi sampah itu datangnya dari kawasan lain.

Ia mencontohkan warga yang bermukim di kawasan lain tapi membuang sampah di kawasan Medan Barat. Dan itu dilihatnya sendiri saat olahraga pagi.

Wong juga mengimbau agar warga jangan membuang sampah sembarangan apalagi sampai membuangnya ke parit yang bisa mengakibatkan banjir.

"Di sinilah pentingnya sosialisasi ini, mencari solusi terutama (sampah) yang bisa didaur ulang," katanya.

Saut, mewakili Camat Medan Perjuangan menuturkan masalah sampah pihak kecamatan melalui P3SU-nya dengan melakukan pengutipan sampah.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini