-->
    |

Peringatan Hari Jadi ke-75 Kab Karo akan Digelar Sederhana



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Peringatan Hari Jadi ke 75 Kabupaten Karo yang jatuh pada Senin 8 Maret 2021 akan digelar secara sederhana dengan tetap mematuhi Prokes (Protokol Kesehatan') Covid-19.

Hal itu terungkap dalam rapat Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Karo yang  dipimpin Sekda Karo  Kamperas Terkelin Purba di ruang rapat Asisten, Kamis (04/03/2021) di Kabanjahe.

Peringatan ini diawali dengan ziarah ke Makam Pahlawan Kabanjahe dan dilanjutkan dengan rapat paripurna di gedung DPRD Karo Jalan Veteran Kabanjahe.

Kamperas Terkelin menyebutkan, untuk lebih memaknai peringatan hari jadi sesuai dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal masyarakat Karo, diimbau kepada seluruh ASN untuk memakai pakaian dinas.

"Pakaian dinas dengan memakai tambahan kain ciri khas adat dan budaya Karo yaitu Beka Buluh dan Langge-langge/Uis Nipes," ujarnya.

Berdasarkan catatan media, HUT Kabupaten karo resmi ditetapkan pada 8 Maret 1946 yang merupakan runutan dan realita fakta sejarah yang terjadi di Kabupaten Karo 75 tahun yang lalu.

Penetapan tanggal dan bulan hari jadi didasarkan telaah dan pembahasan serta bukti data otentik pada rekam jejak peristiwa sejarah yang penuh romantisme, patriotisme dan heroisme, berpijak pada landasan historis sosiologis kuat secara de facto dan de jure.

Pertama kalinya hari jadi ini diperingati, pada 8 Maret 2018 dan saat itu Kabupaten Karo genap berusia 72 tahun, setelah resmi ditetapkan 8 Maret 1946 melalui sidang paripurna DPRD Karo sebagai Hari Jadi Kabupaten Karo.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini