-->
    |

Peduli Pandemi Covid-19, Polres Bagi 100 Smart Phone Pada Pelajar


INILAHMEDAN
- Langkat : Kepolisian Resor (Polres) Langkat memberi bantuan 100 unit smartphone, lengkap dengan kartu perdana dan paket data internet untuk para pelajar tingkat SMA. 

Bantuan tersebut diberikan dalam acara Polres Langkat Peduli Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19 di Lapangan Futsal Bharadaksa, kemarin. 

Polres Langkat memberikan secara khusus kepada pelajar tingkat SMA yang berprestasi dan berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Informasi yang dihimpun pada Rabu (24/03/21), terdapat 9 unit smartphone yang diberikan kepada siswa SMA kelas X, 52 unit untuk siswa SMA kelas XI dan 26 unit untuk siswa SMA kelas XII. Bantuan smartphone itu merupakan program kedua dari Polres Langkat. 

Kapolres Edi Suranta Sinulingga mengungkapkan, sebelumnya Polres Langkat sudah melaksanakan program peduli pendidikan.

“ 120 unit handphone beserta kartu dan paket data internet pada periode pertama telah diberikan kepada siswa-siswi tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, yang berada di wilayah hukum Polres Langkat,” paparnya. 

Bantuan periode pertama diberikan pada Oktober 2020 terdiri dari 43 unit smartphone untuk siswa SD, 52 unit untuk siswa SMP dan 25 unit untuk siswa SMA. 

Tidak hanya smartphone, Polres Langkat juga menyediakan wifi corner gratis di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Langkat dan seluruh Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek). 

“ Tujuannya (wifi corner) untuk menunjang kegiatan belajar para siswa semala masa pandemi,” jelasnya. 

Program wifi corner tersebut, kata dia, mendapat respons baik dari para pelajar. Terlihat dari data statistik tingkat antusiasme para pelajar menggunakan fasilitas wifi corner gratis. 

Pada periode Oktober-Desember 2020, tercatat sebanyak 6.101 pelajar telah merasakan fasilitas wifi corner. Kemudian pada periode Januari-Maret 2021, tercatat sebanyak 5.566 pelajar telah memanfaatkan fasilitas di Mapolres dan Mapolsek Langkat.

Program perpustakaan keliling Selain dua bantuan tersebut, Polres Langkat pada tahun lalu telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Langkat untuk mengadakan program perpustakaan keliling. 

Terdapat dua program perpustakaan keliling yang sudah berjalan, antara lain perpustakaan keliling perkebunan dan perairan. 

Perpustakaan keliling perkebunan dilaksanakan oleh Satuan Samapta Bhayangkara (Satsabhara) di 12 Kepolisian Sektor (Polsek) jajaran Polres Langkat.

Untuk perpustakaan perairan dilaksanakan oleh Satuan Kepolisian Perairan (Satpolair) Polres Langkat di wilayah pesisir. 

Setelah penandatanganan kerja sama, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Langkat meminjamkan 3.000 buku bacaan untuk perpustakaan keliling tersebut. 

Ia juga menyebutkan dari data periode tahun 2020, tercatat sebanyak 8.520 pelajar di daerah perkebunan telah merasakan fasilitas perpustakaan keliling dan sebanyak 471 pelajar di daerah pesisir juga telah merasakan fasilitas tersebut.

Data periode Januari–Maret 2021 tercatat sebanyak 5.568 pelajar di area perkebunan dan 748 pelajar di area pesisir telah merasakan fasilitas perpustakaan keliling. 

Bupati Langkat mengapresiasi program Polres itu. Bupati Terbit Rencana mengapresiasi kepedulian Polres terhadap pendidikan di tengah pandemi. 

“ Terima kasih Kapolres Langkat dan jajaran, telah ikut serta mencerdaskan dan membantu pendidikan putra putri Langkat di tengah pandemi ini,” ucapnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat siap mendukung semua program dari Polres Langkat. Bupati Terbit dan Kapolres Edi memberikan smartphone gratis bagi pelajar secara simbolis. 

Para penerima bantuan didampingi oleh orang tua, guru, kepala dusun atau kepala lingkungan, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibnas) serta Kapolsek. (imc/joy) 



Komentar

Berita Terkini