|

Dirjen Kemendagri Apresiasi Bupati Karo dan Wakil Terapkan SIPD Online Cegah Korupsi



INILAHMEDAN - Jakarta: Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Muhammad Adria mengapresiasi kepemimpinan Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang yang tetap fokus mendorong Kabupaten Karo berbasis SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) secara online.

"Kebijakan SIPD saya puji dan apresiasi, ini akan menjadi referensi bagi regional Sumut khususnya, guna mengurangi angka korupsi," ungkap Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Muhammad Adrian saat menerima kunjungan Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Karo Cory Stiwaty Sebayang di ruang kerjanya, Jumat (26/03) 2021), Jakarta pusat.
       
Menurutnya, langkah Bupati Karo ini menjadi suatu legisi di kemudian hari, sehingga ke depan kebijakan SIPD ini akan menekan dan mengurangi angka korupsi di lingkup Pemkab Karo.
      
"Ini tentu pasti tidak disukai oleh  koruptor dan akan merasa gerah, semakin sulit mencuri uang rakyat, sebab dengan SIPD publik akan gampang memantau dan mengevaluasi," katanya.
      
Apalagi, tambahnya, subjek to audit  keuntungannya daerah memberlakukan SIPD dan saat APBD disahkan oleh DPRD Karo, saat itu juga langsung tayang di publik terkait  kegunaan anggaran belanja di Kabupaten Karo.
      
Selain itu, katanya, manfaat SIPD akan menjaga birokrat menjadi lebih tertib, lancar dan akuntabilitas sekaligus  mempraktekkan penggunan SIPD lewat virtual memandu dan mengajari   tim teknis dari BPKPAD Karo tentang  tata cara pengoperasian pengiriman gaji ASN lingkup Pemkab Karo.
      
"Harapan saya, kerja sama SIPD ini ke depan hendaknya ibu Cory Sriwaty Sebayang (sebagai bupati terpilih)  akan melanjutkan yang telah dilakukan Bupati Karo saat ini. Minimal seluruh gaji ASN di Pemkab Karo telah ter-update di SIPD,"  jelasnya.
       
Bupati Karo menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri telah meluangkan waktu dan pikiran sejak awal memberikan motivasi, edukasi dan saran masukan terkait SIPD, sehingga Pemkab Karo tertarik.
       
"Ketertarikan berbasis online SIPD ini, karena kami ingin sistem informasi yang dapat berjalan secara online memudahkan penggunanya untuk mengakses data di mana saja dan kapan saja," ujarnya.
     
Sementara itu, Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang berjanji akan mendukung kerja sama SIPD tersebut sebagai estafet kepimpinannya.
       
Sedangkan Direktur Pemasaran PT Bank Sumut Hadi Sucipto menyatakan pihaknya dalam kerja sama SIPD bersama Pemkab Karo sangat siap dalam sharing pengalaman bagi kabupaten lainnya.
     
Apalagi SIPD ini, katanya, baru Pemkab Karo pertama terjadi di wilayah Sumut, jadi patut didukung penuh sebagai bank pemerintah daerah.
    
Sekdakab Karo Kamperas Terkelin Purba melalui Kepala BPKPAD Andreasta Tarigan menjelaskan ke depan SIPD akan diuji coba mulai di bulan April 2021, khusus di dinas SKPD BPKPAD saja.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini