-->
    |

Bupati Karo Dukung Mubes IV DPP PMS Indonesia Tetap Kedepankan Kearifan Lokal



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana,L mendukung   pelaksanaan Mubes (Musyawarah Besar) yang IV PMS (Pemuda Merga Silima) Indonesia dengan tetap mengedepankan kearifan lokal budaya Karo.
       
Penegasan ini dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana di hadapan  rombongan panitia DPP PMS Indonesia, Rabu sore  (10/03/2021), di ruang kerjanya sekaitan dengan rencana Mubes PMS Indonesia yang akan digelar di The Hill Hotel Sibolangit, 19-20 Maret 2021.
      
Menurut Bupati, sejarah Pemuda Merga Silima terbentuk secara kultural sangat erat dengan budaya Karo, sehingga kearifan lokal budaya Karo ini dipadukan dan terikat dalam satu organisasi kesukuan. Pemikiran inilah muncul dari beberapa tokoh  Pemuda Karo, kemudian membentuk suatu organisasi sehingga lahirlah Pemuda Merga Silima Indonesia.
      
Dengan kata lain, ujar Bupati, organisasi PMS bagian dari roh- nya suku Karo, tentu sikap ini mencerminkan  Merga Silima, Rakut Sitelu Tutur Siwaluh Perkaden-kaden Sepuluh Dua Tambah Sada.
       
Keunikan tersebut, menambah kekayaan bagi Suku Karo,  sehibgga wajar mendukung kemajuan dari Pemuda Merga Silima, dengan berlandaskan kegotong-royongan dalam menjalankan organisasi.
     
Untuk itu, ujar Terkelin, pihaknya  berharap dalam pelaksanaan Mubes tersebut, agar nantinya dapat berjalan damai dan lancar tidak ada terjadi permasalahan baik secara internal dan eksternal.
     
Sementara itu, Kakesbangpol Linmas Tetap Ginting,  keberadaan PMS khusus di Karo sudah terdaftar dalam pemerintah daerah. Jadi setiap kegiatan yang menyangkut PMS sudah menjadi aspek mitra pemerintah setempat sepanjang tidak menyalahi ketentuan yang ada. 
     
Sedangkan Ketua umum DPP PMS Indonesia Mbelin Brahmana melalui Sekretaris Permata Ginting mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkab Karo atas dukungannya yang akan melaksanakan  Mubes yang sudah berakhir masa kepengurusan 2016-2021.
     
"Atas dasar ini, kami panitia akan melaksanakan Mubes ke IV dalam memilih kembali kepengurusan sesuai AD /ART. Rencana Mubes digelar, pada 19-20 Maret 2021 di The Hill Hotel Sibolangit Deliserdang," ujarnya.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini