-->
    |

Kadisdik Batubara: Diklat In Service Training 1 Bangun Komitmen Calon Kepsek Menuju 8 SNP



INILAHMEDAN - Medan: Pendidikan dan pelatihan In Service Training 1 ini bermaksud memberikan kesempatan kepada guru profesional atau guru potensial untuk memiliki kompetensi dalam bidang kekepalasekolahan untuk memangku jabatan kepala sekolah secara profesional.

Hal tersebut disampaikan Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus saat membuka Diklat In Service Learning 1 bagi Calon Kepala Sekolah di Griya Hotel Jalan T Amir Hamzah Medan, Minggu ( 07/02/2021).

Menurut Ilyas, kegiatan diklat in service learning 1 bertujuan untuk mengembangkan kompetensi calon kepala sekolah pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial berdasarkan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK).

Ncekli sapaan akrab Ilyas,  diklat ini selain melatih kompetensi calon kepala sekolah pada manajerial, dan pengembangan dekolah berdasarkan 8 Standard Nasional Pendidikan juga akan membangun komitmen calon kepala dekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran menuju standard nasional pendidikan sehingga dapat mewujudkan program sekolah penggerak.

Ketua panitia Diklat, Ruslan yang juga Kabid GTK mengatakan diklat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi calon kepala sekolah pada manajerial dan kepemimpinan calon kepala sekolah dan merupakan lanjutan kegiatan OJT (on job training) 1 yang telah dilaksanakan pada Sabtu, 30 Januari 2021 lalu.

Diklat ini merupakan rangkaian dari tahapan program penyiapan calon kepala sekolah yakni seleksi administrasi, seleksi substansi dan diklat calon kepala sekolah yang telah diselenggarakan pada anggaran 2020 lalu dengan menghasilkan 34 orang lulusan seleksi substansi dari 51 orang yang mengikuti.

Program diklat calon kepala sekolah dilaksanakan dengan pola luring melalui konsep on-in-on-in dengan rincian 70 JP in service learning 1, 200 JP on the job learning dan 30 JP in service learning 2, sehingga total 300 JP yang diikuti 34 orang calon kepala sekolah terdiri dari jenjang SD 22 orang dan SMP 12 orang dengan pelaksana adalah UPT LPMP Sumatera Utara bekerja sama dengan LPPKS Solo dan Dinas Pendidikan Batu Bara yang dibantu dengan Pengajar diklat

Pembukaan kegiatan in servis training 1 dibuka dan dihadiri Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus, Kabid GTK Ruslan, Rahmad Zein Kasi PTK Dikdas, Kasi Peserta Didik Dikdas Hasbullah, Doli serta Supervisor dari LPMP Sumut Misnutyanti dan Marni Sari Lingga serta narasumber/pemateri dari Unika St Thomas Frida Simorangkir, Balai Besar Vokasi Jupri Sinaga serta Nurulwati mewakili LPPKSPS. Para Nanarasumber nantinya akan menyajikan pelatihan berupa Kepemimpinan, Manajerial, dan  Supervisi Guru dan Tendik.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini