-->
    |

Elemen Masyarakat Dukung Bangun UIN Sumut di Tebingtinggi



INILAHMEDAN - Tebingtinggi: Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan menerima audiensi berbagai organisasi, Kamis (11/02/2021). 

Mereka di antaranya Aliansi Mahasiswa Tebing Tinggi (AMTT), Al- ittihadiyah dan lainnya. 

Pertemuan di Lantai IV, Gedung Balai Kota itu dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kota Tebingtinggi Dedi Parulian Siagian, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tebingtinggi Zubir Husni Harahap.

Dalam pertemuan tersebut Wali Kota menjelaskan tentang perjalanan awal rencana pembangunan UIN Sumut di lokasi yang dulunya adalah Akbid Pemko Tebingtinggi  Wali Kota menjelaskan bahwa Akademi  Kebidanan Pemerintah Kota Tebingtinggi dibangun atas ijin pemerintah pusat untuk meningkatkan SDM. 

"Oleh karena itu kita menginginkan SDM di Tebingtinggi ini meningkat, kita punya aset, sudah dibangun sekolahnya seperti itu, oleh karena itu kita pergi ke Universitas Sumatera Utara (USU), supaya USU buka di Tebingtinggi. Tidak jadi.

Karena alasan operasional dan personal tak cukup orang untuk mengoperasionalkannya dan cost-nya yang bolak balik.

Kita pergi ke Kementerian Kesehatan, mereka sudah tak mampu lagi karena dalam situasi covid 19, fokus untuk penanganan.

Kementerian agama kita pergi bahwa kita berminat agar UIN bisa dibuka di Kota Tebingtinggi ini, mereka menyatakan akan segera membuka di sini, dengan demikian operasinya tinggal mereka laksanakan, kalau kita menyerahkan itu kepada mereka," ungkap Wali Kota.

Ditambahkan Wali Kota, ada efek yang didapatkan kalau UIN ada di Kota Tebingtinggi.

"Pertama, UIN ini universitas negeri, kedua UIN ini bukan lagi merupakan universitas yang fokusnya hanya kepada agama saja, ketiga adalah bahwa SDM anak Kota Tebingtinggi akan meningkat, keempat bagi masyarakat yang tidak mampu sangat membutuhkan dan menguntungkan tidak lagi perlu kos di Kota Medan," ucap Wali Kota.

Dalam audiensi tersebut, Ketua AMTT Peter Munthe menyatakan pihaknya mendukung, karena kemajuan suatu kota juga harus didukung dengan kemajuan Sumber Daya Manusia-nya.(imc/tuah)

Komentar

Berita Terkini