-->
    |

Usai Lepas Pasukan Pengamanan Pilkada, Kapolda Dan Pangdam Patroli


INILAHMEDAN
- Medan : Pangdam I/BB Mayjen Hassanudin bersama Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin melaksanakan patroli gabungan dengan sepeda motor usai melepas pasukan pengamanan Pilkada di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan Medan, Selasa (08/12/20). 

Patroli gabungan itu antara lain prajurit TNI, Polri dan aparatur Pemko Medan.  

Kapolda Irjen Martuani, patroli gabungan itu untuk memberikan rasa aman dan menciptakan kondusifitas di wilayah ibukota Provinsi Sumut. 

" Patroli gabungan skala besar ini serentak dilakukan di 23 kabupaten dan kota di Sumut yang menggelar Pilkada Serentak. Selain itu, patroli juga sebagai wahana untuk mengimbau warga menggunakan hak politiknya dalam memilih calon kepala daerah," urainya.


Polda menurunkan personil dengan dibantu prajurit Kodam I/BB. 

" Kita telah mengirimkan personil untuk pengamanan Pilkada serentak 2020 di 23 Kabupaten/Kota Sumut, yang nantinya juga kita akan dibantu oleh personil TNI di daerah. Yakni Korem dan Kodim," jelasnya. 

Saat ini, kata Kapolda, pasukan sudah berada di lokasi TPS hingga lokasi paling jauh di Kepulauan Nias. 

Irjen Martuani berharap, pelaksanaan Pilkada 2020 di wilayah Sumut berlangsung lancar dan kondusif serta tidak terpengaruh situasi politik di Jakarta. 

" Mudah-mudahan suasana di Jakarta tidak berimbas ke Sumut. Karenanya, personil TNI-Polri di wilayah Sumut siap mengamankan Pilkada. Siapapun yang menghalangi akan ditindak tegas. Tidak boleh ada pihak manapun yang menghalangi hak politik setiap warga," tegasnya. 

Hal senada disampaikan Pangdam I/BB Mayjen Hassanudin, TNI dari tiga Matra dijajaran Kodam I/BB siap mendukung operasi pengamanan Pilkada serentak 2020 di wilayah Sumut. 

" Melalui patroli ini, kami memberi keyakinkan agar masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dan tetap laksanakan Protokol Kesehatan pencegahan covid-19," ujar Pangdam. 

Kepada seluruh personil pengamanan Pilkada, Pangdam meminta untuk melaksanakan tugas pokoknya sesuai dengan Tupoksi masing-masing. 

" Mari kita jadikan tugas ini sebagai amal ibadah dan tetap bersinergi serta berkoordinasi agar pelaksanaan tugas berjalan lancar dan tanpa kendala," imbuhnya. 

Pangdam juga menjelaskan, patroli gabungan skala besar itu juga untuk mencegah timbulnya kerawanan konflik sosial di masyarakat yang dikhawatirkan akan merusak integrasi bangsa. 

" Hal ini yang harus kita waspadai dan jangan sampai terjadi di wilayah Sumut, khususnya Kota Medan dan sekitarnya," ucap Pangdam. 

Patroli gabungan skala besar TNI-Polri dan Pemko Medan ini terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Pangdam I/BB, Kapoldasu. 

Danlantamal I, Pangkosekhanudnas III, Lanud Soewondo, Wing 3 Paskhas, Dandim 0201/BS, Yonmarhanlan I dan para PJU TNI-Polri. 

Kelompok kedua terdiri dari personel Babinsa dari Koramil jajaran Kodim 0201/BS, Bhabinkamtibmas dari Polsek jajaran Polrestabes Medan dan Satpol PP jajaran Pemko Medan.  (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini