-->
    |

Pentingnya Program 1000 HPK Cegah Anak Stunting



INILAHMEDAN - Medan: 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) atau sejak bayi dalam kandungan sampai usia 2 tahun merupakan hal yang harus diperhatikan. Itu agar anak dapat tumbuh kembang dengan sehat dan mencegah terjadinya stunting.

Hal ini dikatakan Ketua Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Sumut  Dwipuji Astuti usai Peresmian Program Dukungan Kesehatan Anak Melalui Program 1000 HPK, di Desa Marindal 2, Kabupaten Deliserdang, Selasa (22/12/2020).

Acara tersebut dilaksanakan kerjasama PT PLN UIW Sumut dan AIMI Sumut didukung Pemkab Deliserdang.

"Kita usahakan cegah stunting dengan program ini. AIMI Sumut fokus ke menyusui ekskelusif dan ibu hamil, makanan bergizi," ujarnya.

Namun masih ditemui informasi yang kurang dan juga dukungan yang kurang dari ayah atau masyarakat untuk ibu menyusui. 

"Data yang kita dapat, angka menyusui belum memuaskan. Angka ASI Eksklusif di Sumut sekitar 40 persen, jauh dari target. Diharapkan lebih dari 50 persen. ASI penting diberikan selama 6 bulan.Diharapkan desa ini menjadi pilot projek," bilangnya. 

Dijelaskannya, 1000 HPK, untuk menyusui manfaatnya gizi terbaik dan tidak bisa ditiru susu manapun. Juga hubungan anak dengan orangtua semakin bagus. Dengan ASI  juga mengurangi angka kesakitan seperti diare, infeksi dan menjadikan pertumbuhan anak maksimal. 

"Pelaksanaan program ini selama 12 bulan dan kita pantau serta kita berikan edukasi," ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Deliserdang Miskagewasarimenegaskan ASI adalah hak anak.

"3 hal besar penyebab terjadinya stunting yaitu masalah gizi, pola asuh dan lingkungan serta sanitasi yang tidak baik," katanya. (imc/fat)

Komentar

Berita Terkini