-->
    |

Ketua DPRD Sumut dan Bupati Karo Temui Mensos RI Terkait Kebakaran Pasar Tingkat Berastagi



INILAHMEDAN - Medan: Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan Bupati Karo Terkelin Brahmana menemui Mensos (Menteri Sosial) RI Juliari P Batubara, Kamis (19/11/2020) di Jakarta guna meminta bantuan sosial terkait kebakaran Pasar Tingkat Berastagi.

Kebakaran mengakibatkan 535 pedagang dan 8 rumah penduduk butuh bantuan maupun pengadaan kios tempat penampungan sementara.
      
Di hadapan Mensos, Baskami Ginting menjelaskan kedatangannya bersama Bupati Karo agar membantu  masyarakat Karo atas terjadinya kebakaran Pajak Tingkat Berastagi, karena para pedagang terancam tidak sanggup lagi membeli sembako.
     
"Tolong dibantu 535 pedagang dan 8 pemilik rumah yang terbakar beberapa hari yang lalu pak menteri. Mereka sangat butuh uluran tangan. Keuangan Pemkab Karo sendiri tidak mampu jika tidak ada dukungan dari Kemensos RI," ujar Baskami.
      
Ditambahkan Bupati Karo Terkelin Brahmana, soal kebakaran Pajak Tingkat Berastagi, pihaknya juga sudah melakukan pendataan dan sudah mengajukan surat permohonan bantuan sosial ke Kemensos RI dengan nomor: 460/2172/Dinsos/2020 pada 18 Nopember 2020.
      
Dalam surat itu, ada tiga poin penting disampaikan yaitu bantuan untuk korban bencana kebakaran Pajak Tingkat  Berastagi, dengan rincian kios dan bale-bale sejumlah 535 unit dan 8 rumah penduduk, kedua terkait bantuan isi perlengkapan rumah tangga relokasi Siosar tahap III sebanyak 892 KK (kepala keluarga).
    
"Selain itu, kita juga memohon bantuan untuk penyandang disabilitas yang terdiri dari kursi roda, tongkat 3 kaki, alat bantu dengar kacamata baca," sebut Terkelin.

Menanggapi  beberapa usulan tersebut, Mensos RI Juliari P Batubara mengatakan akan segera memprosesnya, dan tentunya akan mendahulukan atau memprioritaskan yang sifatnya sangat mendesak serta menyentuh langsung kepada kebutuhan masyarakat.
      
"Ya,  untuk bantuan sembako bagi korban kebakaran Pajak Tingkat Berastagi, kita realisasikan segera dan dalam waktu dekat ini awal Desember 2020, kami akan  ke Karo menyalurkan bantuan tersebut," ujar Mensos berjanji.
       
Menyinggung perlengkapan rumah tangga korban erupsi Gunung Sinabung pada relokasi tahap III Siosar sebanyak 892 KK, Mensos juga berjanji  akan direalisaikan. Termasuk   bantuan penyandang disabilitas akan diberikan dalam bentuk uang bukan  bentuk barang.
     
"Namun jumlah uangnya masih dirapatkan, yang penting ketiga usulan ini saya tegaskan, secepatnya akan direalisasikan," ujar Juliari P Batubara dengan mantap.(imc/is)





Komentar

Berita Terkini