-->
    |

Kegiatan Ekonomi Sumut di September Berkisar 90 Persen



INILAHMEDAN - Medan: September 2020, rata-rata kegiatan ekonomi di Sumut berkisar 90%. Hal ini dikatakan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, Kamis (05/11/2020).

Ia mengatakan, mobilitas cenderung melandai pada September dipengaruhi penerapan PSBB. Di sisi lain, konsumsi terpantau mulai membaik meski masih terkontraksi. Namun Investasi juga terpantau mulai pulih ditopang oleh investasi bangunan.

"Begitu juga ekspor juga mulai menunjukkan pemulihan ditopang ekspor non-migas. Hasil analisa Big Data BI juga menunjukkan Job Vacancy mulai membaik ditopang pemulihan pada sektor Transkom, Jasa Keuangan, dan Perdagangan, Hotel & Restoran (PHR)," ujarnya pada Pelatihan Wartawan Ekonomi dan Bisnis Sumut di Sibolangit yang digelar Rabu sampai Kamis (4-5/11/2020).

Ia menyebutkan, konsumsi Rumah Tangga juga mulai pulih ditopang oleh perbaikan pendapatan sejalan dengan kembali bekerjanya tenaga kerja terdampak. Pada masa adaptasi kebiasaan baru, beberapa perusahaan kembali beroperasi, terutama pada sektor perhotelan. 

"Perbaikan konsumsi rumah tangga ini juga turut ditopang oleh pencairan insentif dari program kartu prakerja. Perbaikan konsumsi rumah tangga pada triwulan III 2020 terindikasi juga oleh beberapa indikator dari global mobility report, produksi dan konsumsi rokok, penggunaan jalan tol, konsumsi listrik dan penghasilan saat ini," ujarnya.

Per Agustus, imbuhnya, jumlah tenaga kerja terdampak sebanyak 13.933 pekerja dari 378 perusahaan terdampak Covid-19 kecuali sektor pertanian, perkebunan dan industri pengolahan hasil perkebunan (sawit). Sementara, tenaga kerja yang telah kembali bekerja sebanyak 3.228 pekerja dari 86 perusahaan (23% dari pekerja terdampak) telah kembali bekerja, terutama dari sektor perhotelan. (imc/fat)


Komentar

Berita Terkini