|

Bupati Karo Tinjau Lokasi Kebakaran 535 Kios dan 8 Ruko di Pusat Pasar Berastagi



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau lokasi kebakaran di Pusat Pasar Tradisional Berastagi yang menghanguskan 535 kios dan 8 ruko, Selasa (17/11/2020).

Turut hadir mendampingi Bupati Karo, Waka Polres Karo Kompol Hasian, Kasdim 0205 /TK Mayor Inf D Marpaung, anggota DPRD Karo Pujiati, Herti Delima Br Purba dan Jun Arif Bangun, Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kadis Koperindag Edison Karokaro, Kadis Perkim Paksa Tarigan, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan dan Kabid Damkar Teguh Purba.

Bupati beserta rombongan menyempatkan berkeliling di lantai dua Pasar Berastagi guna memastikan tidak ada korban jiwa maupun tidak ada  lagi api yang belum padam. 

Terkelin berharap kepada Polres Karo agar dilakukan pengusutan dan identifikasi penyebab kebakaran agar persoalannya menjadi jelas, karena semua pihak tidak boleh berspekulasi dan menduga-duga penyebabnya. Apalagi dikait-kaitkan dengan suasana menjelang pilkada.

"Mari kita serahkan penanganannya kepada kepolisian. Kita mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan sabar. Jangan banyak yang berspekulasi, kita akan berusaha secepatnya membuat TPS (tempat penampungan sementara), jika para pedagang setuju," ujar Terkelin.

Kadis Koperindag Edison Karokaro menambahkan, pihaknya  segera mungkin  akan membangun TPS di depan lokasi kebakaran atau di Pajak Lama Gang Merek, untuk membantu para pedagang agar bisa berjualan kembali. 

Sementara itu, Kabid Sarana Prasarana  Damkar Karo Teguh Purba mengaku,  peristiwa  kebakaran terjadi sesuai pada, Selasa (17/11/2020) Pukul 01.37 WIB. Saat itu armada Damkar dikerahkan sebanyak dua unit, kemudian ditambah lagi menjadi 8 unit. 

"Kobaran api baru dapat dijinakkan dan dikendalikan pada pukul 06.00 Wib,  berkat kerja sama dengan masyarakat sekitar," ujar Teguh Purba.(imc/is) 

Komentar

Berita Terkini