|

Bupati Karo Berdialog Dengan 535 Pedagang Pasar Tingkat Berastagi Pasca Kebakaran



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana berdialog dengan 535 pedagang Pasar Tingkat Berastagi pasca terjadinya kebakaran guna mencari solusi agar para pedagang yang mengalami musibah bisa segera beraktivitas kembali

"Memang pasca terjadinya kebakaran, aktivitas perekonomian di Pasar Berastagi sudah berlangsung normal. Tapi yang perlu kita cari solusinya, 535 pedagang yang menjadi korban, akibat kios mereka ludes terbakar," ujar Terkelin Brahmana kepada wartawan, Rabu (18/11/2020) usai berdialog dengan para pedagang.

Bupati dan rombongan yang terdiri dari Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Kadis Koperindag Edison Karokaro, Satpol PP Hendrik Philemon Tarigan sempat berdiskusi lama dengan 535 orang perwakilan para pedagang, di Kantor UPT Pasar Berastagi. 

Menurut Bupati Karo, Pemkab Karo pada intinya, tidak ingin rakyat menderita pada saat mengalami kesulitan, sehingga diminta kepada 535  pedagang tetap kompak, karena Pemkab  Terus berupaya menerobos ke Kemensos (Kementerian Sosial), guna membantu kesulitan para pedagang. 

"Kita telah surati Kemensos agar 535 pedagang yang mengalami musibah kebakaran dapat segera dibantu, mengigat situasi saat ini perekonomian sedang mengalami keterpurukan," ujarnya

Sementara mewakili 535 pedagang Polin Sihombing menyampaikan beberapa  usulan kepada Pemkab Karo terkait rencana membangun TPS (tempat penampungan sementara) di pasar lama Gang Merek supaya ditunda, karena lokasi ini sepi pembeli.

"Rencana pedagang, TPS dibangun di  terminal Beratagi, sedangkan terminal dipindahkan ke pajak lama Gang Merek," usul para pedagang.

Menyikapi usulan pedagang, Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan mengatajan, menampung seluruh usul pedagang dan tentunya akan dirapatkan bersama dengan OPD Pemkab Karo maupun unsur Forkooimda, guna dicari solusi terbaiknya.

Sementara itu, Kadis Koperindag Edison Karokaro menjelaskan, pada prinsipnya pihaknya akan menjalankan sesuai aturan yang ada dan TPS yang akan dibangun diperuntukkan satu TPS untuk satu orang pedagang, walaupun kios mereka yang terbakar  lebih dari satu. (imc/is)





Komentar

Berita Terkini