|

Kemenkes RI Serahkan Bantuan Enam Unit Mobil Ambulans ke Pemkab Karo

 


INILAHMEDAN - Kabanjahe: Kemenkes (Kementerian Kesehatan) RI kembali menyerahkan bantuan enam unit mobil ambulans kepada Dinas Kesehatan Pemkab Karo untuk memenuhi pelayanan tenaga medis kesehatan di setiap Puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan.
      
Sebelumnya, Pemkab Karo telah menerima bantuan mobil ambulans sebanyak 17 unit pada 2019 dari Kemenkes RI.
      
Hal itu disampaikan Kadis Kesehatan Karo Irna Safrina Meliala kepada wartawan, Rabu (07/10/2020) di Kabanjahe saat menyaksikan penyerahan ambulans oleh Bupati karo Terkelin Brahmana kepada Puskesmas di kalaman kantor Bupati, Kabanjahe.
      
Menurut Irna, dengan adanya bantuan ambulans tersebut itu, pihaknya telah  memenuhi amanat Permenkes No43/2019 bahwa setiap Puskesmas  memiliki satu ambulans dan satu Pusling (Puskesmas keliling) . Jadi saat ini Puskesmas di Karo sudah memiliki ambulans di 17 kecamatan sebanyak 23 unit.
      
Namun, kata Irna, ada beberapa Puskesmas yang mendapat 2 ambulans mengingat faktor dan kondisi wilayah. Ditambahkan Irna, enam kendaraan tersebut akan diterima Puskesmas Juhar 1 unit, Kutabuluh 1unit, Merdeka 2 unit, Munte 1 unit sedangkan Lau baleng 1 unit.
     
Bupati Karo saat menyerahkan enam unit ambulans kepada kepala Puskesmas menyampaikan terimakasihnya kepada Kemenkes RI  yang telah merespon kebutuhan tenaga medis kesehatan yang bekerja melayani masyarakat.
     
Hal ini tercapai berkat komunikasi dan kepedulian Dinas Kesehatan Karo dalam mengikuti perkembangan, sehingga tuntutan pelayanan kesehatan khususnya di tingkat kecamatan butuh kendaraan ambulance dan Pusling (puskesmas keliling).
       
Terkelin menekankan agar penggunaan ambulans dan Pusling dirawat dengan baik dan hindari  penggunaan untuk kepentingan pribadi. 
     
"Inilah kebanggaan bagi tenaga medis, disaat transportasi sarana untuk bekerja di lapangan sudah memenuhi, maka pelayanan semakin baik dan  apa yang telah diberikan negara ini wajib dimanfaatkan demi kemanusiaan," tegas Terkelin.
      
Di penghujung acara, Bupati karo melakukan uji coba salah satu kendaraan ambulans dengan menghidupkan mesin sebagai simbolis pelayanan ambulans sudah berjalan.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini