-->
    |

Nah, Lho..! Disdik Batubara 'Sulap' Kolong Bangunan Jadi Ruang Pojok Baca

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus

INILAHMEDAN - Batubara: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Batubara segera meluncurkan ruangan pojok baca di lingkungan instansi itu.

Kadisdik Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus mengatakan ruangan seluas 8x16 itu memang diperuntukkan diperuntukkan bagi masyarakat atau pun warga tengah menunggu saat memiliki urusan ke Dinas Pendidikan Batubara.

"Pojok Baca ini merupakan sarana edukasi buat masyarakat atau warga yang sedang berurusan ke Dinas Pendidikan. Ini juga bagian dari program literasi yang sejak awal sudah menjadi program nasional," kata Ilyas Sitorus kepada wartawan, Rabu (02/09/2020) usai mengecek kesiapan sarana Pojok Baca.

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprovsu ini menjelaskan ruang Pojok Baca ini dulunya sering dimanfaatkan sebagai lahan parkir sepeda motor karena letaknya di kolong bangunan utama Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara yang memiliki arsitektur rumah panggung berbahan kayu khas Melayu.

"Lantas saya punya ide untuk memanfaatkan kolong itu menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat yang hobi membaca," ujarnya?

Menurut pria yang akrab dipanggil Ncek Li ini, ruang Pojok Baca akan diisi dengan ribuan judul buku yang diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat yang merupakan tujuan mulia yang tertuang di Pembukaan UUD 1945 yakni ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebenarnya ruang Pojok Baca ini sudah dapat dipergunakan masyarakat saat ini. Namun karena situasi pandemi saat ini menjadi tertunda.

"Kita berharap peresmian ruang Pojok Baca ini dilaksanakan di bulan November 2020, dan direncanakan akan diresmikan Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Ny Maya Indriasari Zahir," jelasnya seraya menambahkan ruang Pojok Baca ini dilengkapi AC, ruang menyusui bagi ibu-ibu yang sedang menyusui dan toilet. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini