|

Dukung Program PEN, PTPN IV Akan Alokasikan Rp3 Miliar Lebih

INILAHMEDAN - Medan: PTPN IV akan mengalokasikan dana Rp3 miliar lebih guna mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), melalui Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan dan Program Corporate Social Responsibility (CSR) di tiga bulan terakhir pada 2020 ini. Sebelumnya korporasi sudah mengalokasikan dana Rp16,1 miliar lebih pada periode Januari hingga September 2020.

Demikian disampaikan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno di Kantor Direksi PTPN IV Jalan Letjen Suprapto No 2 Medan, Selasa (22/09/2020). 

Dari Program Kemitraan rencana pengalokasian dana untuk 113 mitra binaan yang disalurkan dalam bentuk kredit lunak, kemudian ada 7 objek di sektor sosial kemasyarakatan, pendidikan dan pelatihan, sarana ibadah, dan atau prasarana umum untuk program Bina Lingkungan dan ada 9 objek untuk program CSR, dan rencana penyalurannya di sekitar operasional PTPN IV yang tersebar di 10 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. 

Ia juga mengatakan, ketiga program tersebut digulirkan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan sekaligus dalam upaya korporasi mendukung program pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), karena PTPN IV juga merupakan salah satu anak perusahaan BUMN perkebunan sejatinya berasal dari masyarakat.

"BUMN itu berasal dari masyarakat, oleh karena itu, semua BUMN yang ingin maju, harus tumbuh dan berkembang bersama dengan masyarakat sekitar," katanya.

Menurut Sucipto Prayitno, mitra binaan PTPN IV berasal dari berbagai sektor usaha di antaranya sektor industri, perdagangan, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan jasa. 

Selain mendapatkan kucuran kredit lunak, mitra binaan PTPN IV juga mendapatkan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas usaha. 

“PTPN IV tidak hanya sekedar meminjamkan dana, tetapi juga memberikan pembinaan agar usaha mitra binaan bisa terus tumbuh dan berkembang," tuturnya.

Demikian juga melalui program Bina Lingkungan dan CSR PTPN IV, perusahaan menyalurkan di berbagai sektor, seperti sektor sosial kemasyarakatan dalam upaya pengentasan kemiskinan, memperbaiki sarana dan prasarana umum dan rumah ibadah, sebut Sucipto Prayitno.

Berbagai program tersebut sebagai upaya yang dilakukan PTPN IV dalam mengimplementasikan slogan #BUMNUntukIndonesia. “BUMN harus bisa menyebarkan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar”, kata Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim.(imc/rel) 

Komentar

Berita Terkini