-->
    |

Tirtanadi Tanam 300 Pohon di Sumber Air Sibolangit Jaga Debit Air

Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Sumut Fauzan Nasution (kiri) didampingi Ketua Forwadi Amrizal melakukan penanaman pohon di sumber mata air Sibolangit guna menjaga debit air. (foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara melakukan penanaman 300 bibit pohon di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, Rabu (12/08/2020).

Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Sumut Fauzan Nasution mengatakan, penanaman bibit pohon yang rutin dilakukan setiap tahun ini tujuannya untuk menjaga serapan air yang akan didistribusikan untuk pelanggan.

"Dalam kondisi normal, debit air PDAM Tirtanadi di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sibolangit 600 liter per detik. Untuk menjaga itu biar tetap stabil, kita rutin melakukan penanaman pohon di sumber mata air seperti di Desa Rumah Sumbul," kata Fauzan Nasution di sela penanaman pohon secara simbolis di Desa Rumah Sumbul, Rabu (12/08/2020).

Penanaman pohon dihadiri Dewan Pengawas Tirtanadi Silmi dan Forum Wartawan Tirtanadi (Forwadi) dan jajaran kabid PDAM Tirtanadi Sumut.

Menurut Fauzan, sejak 1905 hingga kini IPA Sibolangit menyuplai air ke pelanggan di Kota Medan sekitarnya. Suplai air itu berasal dari sumber mata air yakni di Desa Rumah Sumbul dan Desa Lambang Klewang.

"Jika air dari Sibolangit ini kurang, akan mempengaruhi debit air 600 liter per detik untuk didistribusikan ke pelanggan. Makanya perlu kita lakukan penanaman pohon untuk menjaga debit air itu," kata Fauzan.

Sementara mewakili Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Sumut Silmi meminta agar direksi PDAM Tirtanadi mengoptimalkan sumber-sumber mata air. Menurut dia, pihaknya telah melakukan peninjauan dan banyak menemukan sumber mata air di Sibolangit yang belum diotimalkan.

"Kami temukan banyak sumur-sumur berpotensi untuk menambah pasokan air. Kami juga berharap dengan adanya penanaman pohon akan menambah sumber air agar terjaga pasokan," ujar Silmi.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini