|

Sinabung Erupsi Lagi, Bupati Imbau Masyarakat Waspada dan Gunakan Masker

Situasi di areal pertanian masyarakat akibat semburan erupsi Gunung Sinabung yang terjadi, Sabtu (08/08/2020) di Kabupaten Karo.(foto: doc)

INILAHMEDAN - Tanah Karo: Bupati Karo Terkelin Brahmana mengimbau masyarakat tetap waspada atas erupsipnya kembali Gunung Sinabung, Sabtu (08/08/2020).

"Erupsi Gunung Sinabung terjadi lagi pada pukul 1:58 WIB dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati ± 2.000 meter di atas puncak ± 4.460 meter di atas permukaan laut," ujar Bupati Karo ketika dihubungi melalui telepon, Sabtu (08/08/2020) di Kabanjahe.

Dari aktifitas erupsi tersebut, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang, hingga tebal condong ke arah Timur, sehingga diimbau kepada masyarakat tetap waspada.

"Berdasarkan informasi dari petugas Gunung Sinabung di Kecamatan Simpang Empat, erupsi yang terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 1 jam 44 detik," ujar Bupati Karo.

Menurut Bupati, saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

"Jadi kita imbau masyarakat agar menjauhi lokasi di radius 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara," tambahnya.

Bupati juga mengimbau agar masyarakat memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik serta mengamankan sarana air bersih.

"Bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Bagi masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Guning Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," katanya.

Diakui Bupati, dampak erupsi Gunung Sinabung tersebut, sejumlah desa di lingkar Gunung Sinabung khususnya di Kecamatan Naman Teran terpapar abu vulkanik, lahan pertanian terpapar debu yang mengakibatkan kerugiaan petani.

Ditambahkan Bupati, tim Fotkopimda sudah turun ke lokasi dan terlihat Kasdim 0205/TK Mayor Inf D Marpaung bersama aparat TNI sudah turun ke lokasi membantu masyarakat. (imc/is)




Komentar

Berita Terkini