|

PMI Karo dan Sumut Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Sinabung


INILAHMEDAN - Kabanjahe: Relawan dan petugas PMI (Palang Merah Indonesia) Karo dan Sumut menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Ketua PMI Kabupaten Karo Jasura Pinem didampingi Ade Kepala Markas PMI Sumatera Utara, Selasa (11/08/2020), di Posko Utama Penanganan Bencana Erupsi Sinabung di Kantor Koramil 04/SE, Jalan Kiras Bangun, Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo.

Hadir di sana Jul Kabid Penangggulangan Bencana, Khairul Siregar Kabid Organisasi serta sejumlah relawan dan petugas PMI Kabupaten Karo di antaranya Robert Tarigan Wakil Ketua Bidang Pengembangan Citra dan Hubungan Antar Lembaga.

"Satu buah mobil tangki air milik PMI Karo dan satu milik PMI Sumatera Utara sejak hari Sabtu (08/08/2020) bersama sejumlah mobil Damkar milik Pemkab Karo terus bergerak melakukan penyiraman/pembersihan abu erupsi di badan jalan di empat kecamatan itu," ujarnya.

Selain itu, PMI juga memberikan bantuan sosial yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala BPBD Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis, Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung yang juga Dandim 0205/TK, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono.

“Hari ini, 5000 masker, 200 paket kit kesehatan kita salurkan langsung ke masyarakat di empat kecamatan terdampak bencana erupsi Sinabung. Di samping itu, dua buah mobil tangki air kita pergunakan untuk membantu masyarakat, baik dalam pembersihan sarana publik maupun memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” kata Jasura Pinem didampingi Jul.

Masyarakat juga diingatkan agar tidak menganggap sepele dengan sebaran abu vulkanik karena dapat menyebabkan gangguan pernapasan akut atau ISPA.

"Sistem pernapasan merupakan hal viral untuk menunjang hidup manusia. Jadi harus benar-benar diwaspadai khususnya bagi orang yang memiliki permasalahan paru-paru," kata Jasura Pinem yang juga mantan Direktur RSU Kabanjahe itu.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi bantuan sosial dari PMI Karo bekerja sama dengan Pengurus Markas PMI Sumatera Utara yang menjadi motivasi membangkitkan semangat solidaritas.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini