-->
    |

Pasca Erupsi Sinabung, Gubernur Sumut akan Buat Hujan Buatan Bantu Petani Karo


INILAHMEDAN - Kabanjahe: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berencana membuat operasi teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan untuk membantu para petani Karo agar abu vulkanik Gunung Sinabung yang menyelimuti lahan pertanian bisa berkurang.

"Secara teknis, dalam pembuatan hujan buatan kita akan gandeng pihak BNPB Pusat dan akan bekerja sama dengan pihak TNI AU Sumut. Nantinya akan disiapkan 2 buah pesawat Hercules milik TNI AU untuk pelaksanaan operasi hujan buatan,” ujar Gubernur saat berkunjung ke Karo, Selasa (18/08/2020).

Gubernur menegaskan itu usai meninjau pos pemantau dan mendengarkan paparan singkat situasi dan kondisi Gunung Sinabung dari Dansatgas Letkol Kav Yuli Eko Hadianto didampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo.

"Kita akan buat teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan. Kami berharap masyarakat tetap menjaga kesehatan dan perilaku bersih hidup sehat (PHBS). Jangan lupa memakai masker saat ke luar rumah dan jangan memasuki area zona merah suai rekomendasi vulkanologi,” imbuhnya.

Sebelumnya, rombongan Gubernur bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau areal pertanian yang terpapar erupsi Gunung Sinabung di Kecamatan Simpang Empat.

Kemudian rombongan meninjau situasi Gunung Sinabung di lokasi Pos Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pusat pengamatan gunung api Sinabung di Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat.

Gubernur juga memberikan paket sembako secara simbolis kepada masyarakat yang diterima para camat di empat kecamatan yang terdampak Erupsi Sinabung. Yakni Kecamatan Namanteran, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Berastagi dan Kecamatan Merdeka.(imc/is)





Komentar

Berita Terkini