-->
    |

Gelar Ops Patuh Toba Juga Dirangkai Membagi Masker


INILAHMEDAN : Simalungun : Memasuki hari kelima dari gelar Operasi Patuh Toba 2020, Satlantas Polres Simalungun menindak 100 lebih pelanggaran lalu lintas. Penindakan terbanyak kendaraan roda dua.

Selain itu, Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun dalam rangkaian kegiatan juga membagi-bagikan masker kepada pengendara di Jalan Medan, Kecamatan Tapian Dolok.

Operasi tersebut digelar selama dua pekan sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 mendatang.

Kasat Lantas Ajun Komisaris Jodi Indrawan, hingga hari ke empat operasi, pihaknya sudah melakukan tindakan berupa 650 blangko teguran dan 470 surat tilang.

Ia menyebut, ada delapan pelanggaran prioritas yang mengakibatkan fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Selain tilang, pihaknya juga memberikan teguran kepada kendaraan bermotor karena pelanggaran yang dilakukan.

AKP Jodi mengatakan di hari ke lima Operasi Patuh Toba pelanggaran terbanyak mash didominasi kendaraan roda dua yang tidak melengkapi surat-surat berkendara.

Pihaknya turut pula melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 dengan membagikan masker kepada pengendara guna adaptasi kegiasaan baru.

Sasaran 8 pelanggaran prioritas yang mengakibatkan fatalitas kecelakaan lalulintas. Dalam operasi ini Polres Simalungun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak sisoal distance.

Operasi ini juga bertujuan untuk menciptakan ketertiban berlalu lintas bagi pengendara kendaraan bermotor di era adaptasi kebiasaan baru pandemi covid-19.

" Kepada masyarakat untuk selalu tertib dan budayakan keselamatan berkendara sebagai kebutuhan. Kami juga mengajak pengendara yang melintas ikut mencegah dan memutus penyebaran virus corona," imbuhnya. 

Syahrul (42) salah seorang sopir angkutan kota menyampaikan terima kasihnya kepada petugas. Razia kali ini, kata dia, sedikit berbeda dengan razia-razia sebelumnya.

"Agak lebih mengajak untuk mengikuti anjuran pemerintah karena covid-covid ini. Dikasih masker dan imbauan menjaga jarak, rajin cuci tangan," ucapnya.

Meski begitu, saat razia berlangsung banyak pengendara kendaraan terutama roda dua berhenti mendadak. Melihat plang razia dan petugas, mereka kaget lalu memutar balik kendaraan masing-masing.

" Dalam  Operasi ini kita kedepankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak dalam kendaraan roda empat sosial distance. Dan diimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," tukasnya.  (imc/joy)

Komentar

Berita Terkini