-->
    |

DPRDSU, Bupati Karo dan BMBK Sepakat 3 Tikungan Jalan Provinsi Tongkoh - Sukanalu Diluruskan

Tim DPRD Sumut dipimpin Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kadis BMBK Sumut Effendi Pohan meninjau jalan provinsi jurusan Tongkoh - Desa Sukanalu, Kamis (16/07/2020). (foto: ist)


INILAHMEDAN - Kabanjahe: Tim DPRD Sumut dipimpin Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kadis BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut Effendi Pohan sepakat untuk meluruskan tiga tikungan jalan provinsi jurusan Desa Tongkoh - Barusjahe - Desa Sukanalu Karo agar bisa dilintasi truk besar maupun truk pengangkut sayur-mayur.

Kesepakatan itu dicetuskan ketika tim DPRD Sumut meninjau jalan provinsi jurusan Tongkoh - Sukanalu, Karo, Kamis (16/07/2020).

Turut dalam peninjauan yakni Wakil Ketua DPRD Sumut Salman Alfarisi, didampingi Ketua Komisi D Anwar Sani Tarigan, anggota Komisi B Ingan Amin Barus, anggota Komisi D Jubel Tambunan, Mangapul Purba. Hadir juga Parlaungan Simangunsong, Ust Syahrul Ependi Siregar, Ari Wibowo, Tangkas Manimpan L Tobing, Dedi, Wagirin Arman, Jumadi.

Menurut Baskami dan Ingan Amin Barus, jalan proviinsi Tongkoh - Barusjahe - Desa Sukanalu hingga Tigapanah, awalnya diprioritaskan sebagai jalan alternatif untuk menghindari kemacetan di Kabanjahe dan Kota Berastagi menuju Kota Medan.

"Tapi tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal, mengingat jalan alternatif dari arah Merek - menuju Medan ini, persisnya di Desa Sukanalu, ada tiga titik tikungan sangat tajam serta jalannya juga sempit sehingga tidak bisa dilintasi truk besar. Jadi tikungan tersebut perlu diluruskan," ujarnya.

Sementara Ingan Amin mengatakan setiap pelebaran atau pelurusan jalan, tentu terkait pembebasan lahan. Pihaknya akan melakukan pendekatan kepada masyarakat dan berharap Pemkab Karo membantu dalam komunikasi maupun administrasi agar tanah masyarakat Desa Sukanalu bisa diganti rugi.

Bupati Karo juga mendukung rencana memperluas kerangka roda ekonomi di Karo. Salah satunya akses jalan ditingkatkan dengan kemampuan segala kendaraan atau truk bisa lewat.

"Pemkab Karo sangat mengapreisasi atas turunnya tim work ke lapangan untuk mengefektifkan jalur alternatif tersebut. Apa yang dibutuhkan, pemkab siap memfasilitasi terhadap masyarakat maupun yang lainnya," ujar Terkelin.

Kadis BMBK Sumut Effendi Pohan juga siap untuk mengkaji dan menganggarkan dananya di APBD Sumut dan berharap kepada DPRD Sumut ikut mendukung pengalokasian anggarannya. (imc/is)





,
Komentar

Berita Terkini