-->
    |

BP Tapera Tawarkan Investasi Dengan Hasil Optimal


INILAHMEDAN - Jakarta : Badan pengelola tabungan perumahan rakyat (BP Tapera) menawarkan bagi masyarakat untuk bisa menjadi peserta dengan menabung sekaligus berinvestasi dengan manfaat luas.

Hadirnya Tapera merupakan alternatif bagi pekerja mandiri dalam menabung yang dikelola Badan Hukum dan dijalankan oleh para profesional dibidang investasi dan pembiayaan perumahan.

Gatot Subadio Deputi Komisioner bidang pemupukan dana, pengelolaan dana Tapera unik karena sistim pengelolaannya mengkombinasikan simpanan dan investasi.

" Yaitu dengan melakukan penghimpunan simpanan peserta melalui kontrak investasi untuk menghasilkan imbal hasil optimal dan sustainable," katanya dalam keterangan pers tertulis, Rabu (29/07/20).

Menurutnya, peserta Tapera disamping sebagai pemilik dana simpanan, juga menjadi pemilik unit penyertaan investasi.

Ia mengatakan, pengelolaan simpanan bagi peserta dikelola secara transparan dan akuntabel.

" Sehingga dapat memperoleh imbal hasil wajar dan memberi kesempatan pembiayaan rumah pertama, bangun sendiri ataupun renovasi," jelasnya.

Yang lebih penting, sambungnya, Tapera memberikan kesempatan kepada anggota non-MBR untuk bergotong royong membantu peserta MBR dengan tetap memperoleh imbal hasil wajar diakhir kepesertaannya.

Dibagian lain, Adi Setianto Komisioner BP Tapera, dalam mengelola dana peserta, pihaknya bertanggung jawab kepada Komite Tapera yang dipimpin Menteri PUPR.

" Para anggota terdiri dari menteri keuangan, menteri ketenagakerjaan, ketua dewan komisioner OJK dan unsur profesional," ujarnya.

Selain itu, katanya, institusi yang bekerja sama dengan BP Tapera antara lain Manager Investasi, Bank Kustodian, Bank Umum yang secara operasional diawasi oleh OJK.

Sedangkan sebagai badan hukum juga dapat diperiksa oleh BPK sehingga sistem pengawasan BP Tapera dilakukan secara berlapis dan menyeluruh.

" Lebih penting lagi adalah pengawasan oleh peserta sendiri atas pengelolaan dananya. Peserta Tapera dapat melihat langsung perkembangan simpanan dan hasil pemupukan melalui akses informasi (mobile app) yang disediakan oleh BP Tapera sebagai bagian dari haknya pemilik unit penyertaan investasi," pungkasnya. (imc/joy)





Komentar

Berita Terkini