-->
    |

Aceh Tengah Diguncang Gempa 4,2


INILAHMEDAN - Aceh Tengah : Wilayah Aceh Tengah diguncang gempa tektonik 4,2 magnitudo pada Senin (20/07/20) sekira pukul 14.21 WIB.

Kasi Kedaruratan BPBD Aceh Tengah Iqbal mengatakan pusat gempa berada di wilayah Kampung Wihni Durin, Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah.

" Ini kita masih evaluasi untuk mendata apakah ada kerusakan di kecamatan," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (22/07/20). 

Sementara penuturan warga selain di wilayah pusat gempa di Kecamatan Silih Nara, guncangan gempa juga dirasa kuat di wilayah Kecamatan Ketol dan Kute Panang.

Salwa warga Kampung Belang Mancung, Kecamatan Ketol, mengatakan warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah.

" Kencang di sini gempanya, warga panik keluar rumah, tapi gak ada kerusakan," katanya.

Gempa juga kuat di wilayah Kecamatan Kute Panang. Andi warga setempat mengatakan seluruh warga sempat panik dan lari keluar rumah.

Sedangkan di wilayah seputaran pusat kota Takengon kekuatan guncangan gempa dirasakan sangat kecil.

Warga hanya merasakan bangunan bergoyang sesaat dalam waktu beberapa detik.  " Kalau di sini hampir gak terasa," kata Dani warga Takengon.

Sementara berdasarkan data yang dirilis BMKG di situs resmi https://www.bmkg.go.id/ disebutkan gempa berkekuatan 4,2 magnitudo ini berpusat pada koordinat 4.66 LU dan 96.69 BT.

Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 KM Barat Laut Takengon Aceh Tengah (Kampung Wihni Durin) pada kedalaman 11 KM. Gempa bumi ini disebutkan terjadi akibat adanya aktifitas sesar lokal. (***/imc)

Komentar

Berita Terkini