|

Webinar di FK Unpri, Pakar Kesehatan Kupas Masalah Lansia di Masa Pandemi


INILAHMEDAN - Medan: Magister Sains Biomedis dan Magister Ilmu Kedokteran Klinis Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Prima Indonesia (Unpri) menggelar webinar mengangkat tema "Isu dan Permasalahan yang Dihadapi Masyarakat Lansia pada Bulan Ramadan Selama Masa Pandemi Covid-19.
   
Webinar online dengan media zoom premium tersebut mengundang dua pakar sebagai narasumber utama. Yakni Dr dr Binarwan Halim M Ked (OG) Sp OG (K) FISC selaku Direktur Halim Fertility Center, IVF Center, Departemen Obstetri & Ginekologi dan juga merupakan dosen tetap FK Unpri. Kemudian dr Hilna Khairunisa Shalihat M Gizi SpGK bertugas sebagai Dokter Spesialis Gizi Klinik di RS Hermina Medan. Webinar dipandu dr Fiska Maya Wardhani M Biomed dosen tetap di FK Unpri dan Muhammad Aditya Kurnia SKM MPH selaku Master of Ceremony.

Binarwan Halim mengatakan pada orang lanjut usia yang sehat dapat terjadi sebagai primary aging immune deficiency, yaitu suatu kondisi di mana terjadi penuruan fungsi kekebalan tubuh. Dia menjelaskan, terdapat berbagai penelitian yang mengkaitkan puasa dengan berkurangnya produksi radikal bebas di dalam tubuh.

Menurutnya, puasa dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif. Puasa pada lansia juga memberikan dampak positif terhadap perbaikan kondisi depresi, kecemasan, stres dan peningkatan fungsi kognitif.

"Hal lain yang perlu diperhatikan selama berpuasa adalah untuk tetap menjalankan pola hidup dan nutrisi yang sehat, melakukan pencegahan terhadap infeksi, berolahraga secara teratur, mengurangi stres, serta menjaga pola tidur yang baik," kata Binarwan.

Sementara Hilna Khairunisa Shalihat menjelaskan bahwa aging merupakan proses alami yang ditandai penurunan kemampuan tubuh. Seperti penurunan metabolisme dan stamina, penurunan kekuatan otot, peningkatan deposit lemak, penurunan kepadatan kalsium pada tulang, serta penurunan pada penyerapan zat gizi.

Oleh karena itu, katanya, diperlukan penilaian nutrisi dan restriksi kalori pada lansia untuk menjaga imunitas tubuh. Restriksi kalori pada lansia dapat dilakukan dengan cara meningkatkan asupan protein, penurunan asupan lemak dan garam, pemilihan karbohidrat kompleks pada makanan, serta mengurangi konsumsi minuman bersoda dan beralkohol.

Rektor Unpri Dr Chrismis Novalinda MKes mengatakan, Unpri berkomitmen untuk selalu konsisten dalam melaksanakan webinar, sebagai sarana pemberi informasi dan update berita kepada institusi, tenaga medis,
mahasiswa/i serta masyarakat umum.

Hal senada juga disampaikan Dekan FK Unpri dr Linda Chiuman MKM, AIFO-K agar seluruh peserta webinar dapat memanfaatkan waktu dan menambah pengetahuan dan wawasan terhadap isu dan permasalahan
yang dihadapi masyarakat lansia pada bulan puasa selama masa pandemi Covid-19.

Di tempat terpisah Pendiri Unpri Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AIFM didampingi Ketua BPH Dr Tommy Leonard SH MKn mengatakan sangat mendukung webinar tersebut.

Dikatakan dr Nyoman, tema isu dan permasalahan yang dihadapi lansia selama masa pandemi Covid-19 sangat menarik diangkat. Sebab pada kondisi pandemi seperti ini, orang ysng lanjut usia memerlukan perlindungan.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini