|

Warga Gambir Baru Asahan Positif Covid-19


INILAHMEDAN - Asahan: Salah seorang warga Jalan FL Tobing Lingkungan Vl, Kelurahan Gambir Baru, Kecamatan Kisaran Timur, Asahan yang merupakan ASN di Pemko Tanjung Balai dinyatakan positif corona setelah menjalani uji swab. Kini pasien dirawat di RS Martha Friska Medan.

Hal ini dikatakan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Asahan Rahmat Hidayat Siregar, Jumat (05/06/2020).

Dayat menjelaskan, dari data yang diterimanya pasien berinisial S (58), pria, adalah ASN di RSUD Tengku Mansyur Pemko Tanjungbalai.

"Sebelumnya pasien masuk ke RSUD Tengku Mansyur hari Jumat tanggal 29 Mei 2020 dengan gejala awal demam, sakit kepala hebat dan lemas. Pada hari Minggu tanggal 31 Mei 2020 kemudian pasien dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Martha Friska Medan guna nendapatkan penanganan intensif. Pada anggal 3 Juni 2020 berdasarkan hasil uji swab, pasirn dinyatakan positif Covid-19 " jelas Hidayat.

Menurut Hidayat berdasarkan informasi yang diterimanya, saat ini pasien dalam kondisi baik, dan menjalani isolasi serta perawatan di RS Martha Friska Medan.

Beliau mengatakan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan tempat tinggal pasien, Tim GTPP Covid-19 langsung melakukan penyelidikan epidemiologi dan melakukan tracing terhadap keluarga atau orang yang melakukan kontak erat dengan pasien.

Pada oukul 14.00 WIB juga telah dilakukan uji rapid test terhadap 14 orang yang melakukan kontak langsung di lingkungan tempat tinggal pasien. Hasilnya 1 orang reaktif sedangkan yang 13 orang lagi non reaktif.

Sebagai tindak lanjut terhadap pemeriksaan rapid test terhadap satu orang yang reaktif akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dan langsung diisolasi di RSUD H Abdul Manan Simatupang Kisaran pada 4 Juni 2020 akan dirujuk ke salah satu rumah sakit di Medan.

Hidayat mengatakan di Asahan saat ini pasien positif corona bertambah menjadi 6 orang, 2 di antaranya masih dirawat, 3 sembuh dan 1 orang meninggal dunia.(imc/adlin)
Komentar

Berita Terkini