-->
    |

Situasi Dua Negara China-India Memanas


INILAHMEDAN - New Delhi : Hubungan antar dua negara, India dan China semakin memanas setelah seorang perwira Angkatan Darat India dan dua prajuritnya tewas oleh pasukan Tiongkok pada Senin (15/06/20) malam dalam bentrokan di sepanjang perbatasan India-Cina yang disengketakan.

Belakangan China dan India hubungannya memanas di wilayah perbatasan. Bulan lalu, pasukan Cina menghadapi tentara India di beberapa titik perbatasan terpencil di Himalaya beberapa terpisah lebih dari 1.000 mil.

Mengutip Kontan.co.id, laporan pendahuluan pada Selasa (16/06/20) menunjukkan bahwa para prajurit tidak tertembak, tetapi telah tewas dalam huru-hara lemparan batu yang mirip dengan perkelahian massal yang terjadi bulan lalu di sepanjang perbatasan.

Para pejabat militer India tidak tahu menahu tentang apa yang terjadi dan mengatakan mereka berusaha untuk tidak memperburuk situasi.

Setelah pasukan India dan China berhadapan di beberapa titik tertinggi di Himalaya dalam beberapa minggu terakhir.

Para pejabat India mengatakan bulan ini bahwa kedua pihak bekerja untuk menyelesaikan perselisihan melalui saluran diplomatik.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri, Zhao Lijian, mengatakan bahwa pasukan India telah dua kali melintasi perbatasan secara ilegal pada hari Senin (15/06/20) dan menyerang personil Tiongkok.

Dia mengatakan pihak China telah "mengajukan protes keras" tetapi terus bekerja untuk menyelesaikan ketegangan antara kedua negara. (***/imc)
Komentar

Berita Terkini