|

Pertama Dalam Sejarah, Pemkab Karo Terima Opini WTP dari BPK Medan

Kepala BPK Perwakilan Medan Eydu Oktain Panjaitan menyerahkan hasil opini WTP terhadap LKPD Pemkab Karo TA 2019 kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan di Kantor BPK Perwakilan Medan.(foto: ist)

INILAHMEDAN - Medan: Kepala BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan Medan Eydu Oktain Panjaitan mengatakan pertama dalam catatan sejarah Pemkab Karo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2019.

Hal itu diungkapkan Eydu Oktain Panjaitan dalam acara penyerahan LKPD TA 2019 kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Kepala Inspektorat Philemon Brahmana, Kadis DPKPAD Andreasta Tarigan, Sekwan DPRD Karo Petrus Ginting, Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana di kantor BPK Perwakilan Medan, Senin (29/06/2020).

"Penilaian WTP ini berdasarkan mekanisme dan bukti hasil pemeriksaan yang diperoleh tim BPK. Setidaknya ada 4 indikator yang menjadi faktor penentu pemerintah daerah mendapat opini WTP, " ujarnya.

Pertama, harus didasarkan pada kesesuaian dengan indikator. Kedua, pengungkapan informasi di laporan keuangan harus jelas dan detail. Ketiga, keefektifan sistem pengendalian internal dan keempat, pelaksanaan anggaran harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kriteria di atas, katanya, sudah cukup dan tepat bagi BPK menilai Pemkab Karo masih dalam ambang batas kewajaran, sehingga diberikan opini WTP. Hal ini merupakan suatu prestasi, sehingga untuk di tahun berikutnya, LKPD terus dipertahankan menjadi lebih baik tanpa ada catatan.

Sementara itu, Bupati sangat berterima kasih kepada seluruh tim BPK Perwakilan Medan yang telah memberikan penilaian LKPD TA 2019 dengan predikat opini WTP.

"Kami sangat senang dan bangga, disaat pandemi Covid-19 masih berlangsung, Pemkab Karo meraih opini WTP. Apalagi kita tahu berdasarkan catatan BPK, Pemkab Karo baru pertama kali menerima WTP, " terangnya.

Diraihnya prestasi ini, menurut Bupati, berkat kerja sama seluruh tim OPD (Organisasi Perangkat Daerah), khususnya Kepala Inspektorat yang saat ini dipimpin Philemon Brahmana yang terus melakukan komunikasi dengan BPK.

Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan dan Kepala Inspektorat Karo Philemon Brahmana juga mengaku bangga atas penilaian WTP oleh BPK terhadap LKPD Pemkab Karo. Apalagi Karo sepanjang sejarah belum pernah meraih opini WTP.(imc/is)



Komentar

Berita Terkini