|

Peringati Hari Pancasila, Dandim 0201/BS Berbagi Tali Asih


INILAHMEDAN - Medan : Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Roy Hansen J Sinaga menyalurkan bantuan sebagai tali asih sekaligus nonton film G30/S PKI bersama dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 pada Senin (01/06/20).

" Kegiatan ini sebagai bentuk rasa hormat dan wujud kepedulian kami dari Kodim 0201/BS terhadap para veteran di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung," ujarnya.

Acara yang berlangsung di Aula Makodim 0201/BS Jalan Pengadilan Medan itu, selain dihadiri veteran, juga menerapkan protokol kesehatan jaga jarak dengan memakai masker. Turut pula sejumlah anggota Hipakad Kota Medan serta segenap personel Kodim 0201/BS.

Dikatakan, kegiatan memeringati Hari Lahir Pancasila kali ini dilakukan diruangan dengan acara sederhana namun tetap khidmat.

" Biasanya, acara dilaksanakan dengan upacara. Namun atas petunjuk Komando Atas di tengah pandemi covid-19 ini, maka acara dilakukan di dalam ruangan dengan tetap mengutamakan pelaksanaan Protokol Kesehatan," jelasnya.

Acara nonton film G30/S PKI yang biasa diputar setiap 1 Oktober pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, sengaja digelar hari ini sebagai upaya untuk semakin membumikan Pancasila.

" Pemutaran film G30/S PKI ini juga mengikuti tema peringatan yaitu 'Pancasila dalam Tindakan, Gotong Royong Menuju Indonesia Maju'. Karena, hanya Pancasila sajalah yang bisa dan mampu mempersatukan bangsa yang terdiri dari beragama suku dan agama ini dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," terang Roy.

Baik para veteran, anggota Hipakad Kota Medan maupun seluruh personel Kodim 0201/BS, berkesempatan mendengarkan secara daring (online) pidato Presiden RI, Joko Widodo.

Selain itu, tak lupa kegiatan tersebut turut dihadiri Pasi Intel Mayor Andre Prasetya Wibowo, Pasiter Mayor Romi Sembiring serta sejumlah perwira staf dan Bintara Kodim 0201/BS. (imc/joy)

Komentar

Berita Terkini