|

Percepat Pembangunan, Pemkab Karo Tingkatkan MoU Dengan Polmed

Bupati Karo Terkelin Brahmana saling tukar cindera mata dengan Direktur Polmed Abdul Rahman disaksikan anggota DPRD Karo, Selasa (30/6) di kantor Bupati Karo.(foto: is)

INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan peningkatan kerja sama atau MoU (Memory of Understanding) dengan Polmed (Politeknik Medan) tujuannya untuk percepatan pembangunan e-Goverment di Kabupaten Karo.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo didampingi Staf Ahli Bupati Mulia Barus, Kadis Kominfo Jonson Tarigan, Kadis Pendidikan Eddi Surianta Surbakti, Kabag Otda Robinson Brahmana, Kabag Pemdes Djoko Sudjarwanto dan sejumlah anggota DPRD Karo, Selasa (30/06/2020) di ruang rapat Kantor Bupati Karo di Kabanjahe.

Selain itu, ujarnya, juga meningkatkan penyusunan dokumen perencanaan, kerja sama dalam pengembangan pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kerja praktek mahasiswa sesuai kebutuhan pemerintah dan pengembangan kegiatan lainnya.

"Sedangkan yang belum terakomodir dalam kesepakatan, pada prinsipnya Pemkab Karo setuju dilakukan penambahan point kerja sama untuk menambah wawasan, mutu pengetahuan sesuai perkembangan era digital," kata Terkelin.

Sementara Direktur Polmed Abdul Rahman mengatakan sangat menyambut baik ada peningkatan kerja sama dalam segala bidang serta sependapat adanya point penambahan pendampingan dana desa dan pembentukan BumDes.

Di samping itu, prodak uji tanah, uji laboratorium, uji bahan bangunan, tersedia di Polmed. Selama ini pihak Polri dan Kejaksaan di Medan, juga mempercayakan Polmed sebagai pendampingan saksi ahli untuk menguji tindak pidana sesuai fasilitas kemampuan dimiliki.

"Ada juga sistem informasi guru mengajar (SIGUM) sebagai pelatihan guru lewat daring dan PSDKU (program studi diluar kampus), merekrut mahasiswa di Karo. Tapi dosennya kita kirim dari Polmed. Apabila tidak memenuhi, sisanya sistem pembelajaran dengan daring," sebut Abdul Rahman

Sementara itu, sejumlah anggota Komisi A DPRD Karo Onasis Sitepu didampingi Herti Delima Br Purba , Edi ulina Ginting, Jani Sembiring dan Nora Else Br Surbakti sepakat, kerja sama yang sudah ada harus lebih ditingkatkan baik segi mutu, sasaran dan kebutuhan, yang menyentuh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kadis Pendidikan Karo Eddi Surianta Surbakti mengaku masih membutuhkan pembelajaran lewat daring dalam melatih para guru dalam situasi zona merah yang belum bisa melaksanakan proses sistem KBM (kegiatan belajar mengajar) dengan tatap muka. (imc/is)


Komentar

Berita Terkini