-->
    |

Bobby Temui Zulkifli Hasan, PAN Medan Tunggu Keputusan DPP

Bobby Nasution saat menemui Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan beberapa waktu lalu.(foto: net)

INILAHMEDAN - Medan: Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Medan masih menunggu keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN dalam menentukan calon Wali Kota Medan yang akan diusung pada Pilkada 2020.

"Semua tergantung DPP. Kami tinggal menunggu. Keputusan DPP wajib kami kawal dan memenangkan calon yang diusung," kata Ketua DPD PAN Kota Medan HT Bahrumsyah di gedung DPRD Medan, Selasa (16/06/2020).

Pada Pilkada Medan, kata Bahrumsyah, PAN sudah membangun hubungan dengan Partai Demokrat dan PKS. PAN sendiri memiliki 6 kursi di DPRD Medan, sehingga membutuhkan 4 kursi agar bisa mengusung calonnya.

“Kami di DPD ini hanya membangun komunikasi dengan partai lain. Yang membuat koalisi adalah tingkat DPP. Tapi ada juga partai yang sudah mengusung calonnya. PKS sendiri sudah mengumumkan calonnya yakni Salman Alfarisi. Tinggal PAN dan Demokrat. Tapi kita tergantung DPP," katanya.

Menurut Bahrumsyah, PAN sendiri sudah merekomendasikan 8 bakal calon Wali Kota Medan ke DPW dan diteruskan ke DPP. Namun ada bakal calon lain, Bobby Nasution, tidak mendaftar ke DPD PAN Medan tapi sudah merapat ke DPP PAN.

"Menantu Presiden Jokowi tersebut sudah sowan ke Ketua Umum DPP dan Sekjen PAN. Tinggal kita tunggu keputusan DPP siapa nanti yang akan direkomendasikan. Tapi tugas partai sudah kita jalankan," kata Wakil Ketua DPRD Medan ini.

Ketika ditanya apakah memungkinkan bakal calon yang tidak mendaftar ke DPD tapi direkomendasikan DPP menjadi calon? Menurut Bahrum, hampir semua partai pernah seperti itu, tidak mendaftar ke partai tapi dicalonkan.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Sumut Hendra Cipta menegaskan sampai saat ini PAN belum memutuskan akan berkoalisi dengan partai manapun pada Pilkada Medan.

"Belum ada. PAN belum mengambil keputusan terkait Pilkada Medan," kata Hendra.

Kata Hendra, saat ini PAN sedang menggodok nama-nama bakal calon yang akan diusung pada Pilkada Medan. Baik di Medan maupun daerah lainnya. Namun Hendra tidak menampik kemungkinan bakal calon yang tidak mendaftar ke PAN pada penjaringan bakal calon Wali Kota Medan beberapa waktu lalu bisa saja berpotensi untuk diusung.

"Misalnya Bobby Nasution. Seingat saya beliau tidak mendaftar. Tapi ini kan politik. Bisa saja lewat diskresi potensi beliau diusung tetap ada," katanya.

Menurut Hendra, siapa nantinya bakal calon Wali Kota Medan yang akan diusung sedang dibicarakan di pusat. Sebagaimana diketahui, bakal calon Wali Kota Medan Bobby Nasution pernah menemui langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Sementara Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan partainya membuka peluang untuk mendukung menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution pada pemilihan Wali Kota Medan. Bahkan Bobby diketahui telah menemui Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Mas Bobby datang untuk silaturahmi dengan Pak Zul dan pimpinan partai di Jakarta hari Jumat lalu. Tentu Mas Bobby juga menjajaki kemungkinan dukungan PAN," kata Eddy seperti dilansir Republika.co.id, Selasa (16/06/2020).

Nantinya, PAN akan meminta tim yang mengurusi Pilkada untuk melakukan evaluasi terhadap Bobby. Namun melihat elektabilitasnya saat ini, ada peluang PAN mendukung menantu Jokowi.

"Melihat elektabilitas Bobby yang naik secara progresif, saya pribadi optimis PAN akan mendukungnya di Pilkada Kota Medan," ujar Eddy.

Sebelumnya Bobby juga sudah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sebelumnya, Bobby juga sudah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Adapun dukungan secara lisan sudah diungkapkan Partai Golkar dan NasDem. (imc/bsk)








Komentar

Berita Terkini