|

Bersama Mendagri Menko Polhukam Kunjungi RSKI Pulau Galang


INILAHMEDAN - Batam : Menko Polhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian berkunjung di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang Batam, Kepulauan Riau pada Kamis (04/06/20).

Kunjungan tersebut dilakukan selepas meninjau langsung pembangunan di Kabupaten Anambas.

Menko Polhukam Mahfud MD., mengatakan, pembangunan kembali RSKI Pulau Galang, Batam memperlihatkan komitmen pemerintah dalam penanganan covid-19.

" Rumah Sakit Pulau Galang ini bagi saya mengingatkan akan 2 hal. Pertama, kita tidak main-main dalam menghadapi covid-19,  karena sejak awal kita bersama anggota kabinet dan Pak Tito pada akhir Januari sudah berbicara mengenai Rumah Sakit khusus ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, RSKI yang telah beroperasi sejak April 2020 tersebut, sejatinya juga telah dipersiapkan sejak Februari 2020. Bahkan, dalam rapat kabinet telah membahas covid-19 sejak awal tahun.

Dia menyampaikan pula terkait perkembangan penanganan covid-19 di RS tersebut, hingga saat ini sejumlah pasien yang dirawat tercatat mengalami kesembuhan 100 persen.

" Kedua, 100 persen pasien disini sembuh, belum ada yang meninggal, apa kuncinya? salah satunya orang sakit itu jangan dibuat stres, pikirannya dibuat tenang, disuruh bergembira dan sembuh," terangnya.

Namun menurut dia, ketika pasien ketakutan dan stress, imunitasnya turun. Disitulah virus bekerja. " Oleh sebab itu, yang diterapkan di Pulau Galang ini membuat yang sakit bergembira,” ucapnya.

RS Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang Batam, Kepulauan Riau dibangun berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52/2020 tentang pembangunan fasilitas observasi dan penampungan penanggulangan covid-19 atau penyakit infeksi emerging di Pulau Galang.

Sebelumnya, rombongan Menkopolhukam disambut Plt Gubernur Kepri Isdianto, Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman, Walikota Batam M Rudi, Danguskamla Armada 1 Laksma Yayan Sofian, Danrem 033/WP Kolonel Harnoto, Danlanal Batam Kolonel Alan Dahlan, Danlanud Hang Nadim Letkol Urip Widodo, Dandim 0316 Batam Letkol Ahmad Daud Harahap serta Dandenpom 1/6 Batam Mayor Joao Dacosta. (imc/joy)

Komentar

Berita Terkini