-->
    |

Antisipasi Banjir Lahar Sinabung, Bupati Karo Instruksikan PUPR Bersihkan Timbunan Sabodam

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi, kepada Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga meninjau Sabodam yang tertimbun tanah dan kerikil, Jumat (26/06/2020) di Desa Sukatendel Kecamatan Tiga Nderket.(foto: ist)

INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana menginstruksikan Dinas PUPR segera membersihkan dan normalisasi Sabodam yang tertimbun tanah dan material batu guna mengantisipasi datangnya hujan dan lahar dingin menerjang hulu lereng Gunung Sinabung.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi kepada Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga saat melakukan peninjauan Sabodam yang tertimbun tanah dan kerikil, Jumat (26/6) di Desa Sukatendel Kecamatan Tiga Nderket.

Turut hadir dalam peninjauan itu, Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba, Sekcam Tiga Nderket Amri Ginting, Danramil 06/Payung Kapten Inf K Kista, Kapolsek Tiga Nderket AKP J Bangun, Kepala Desa Sukatendel Dewanto Peranginangin dan tokoh masyarakat Thomas Joverson Ginting.

"Tanah material campur batu ini harus segera dibersihkan. Teknisnya, bicarakan dengan Kepdes dan tokoh masyarakat di sini. Sebab Sabodam ini harus bisa berfungsi. Jika tidak, akan membahayakan bagi penduduk sekitar," tegas Bupati.

Sementara Kepdes Dewanto Peranginangin dan tokoh masyarakat Sukatendel Maslan sangat berharap agar material tanah dan kerikil yang berada dalam jalur aliran Sabodam, segera diangkut guna mengantisipadi datangnya lahar Sinabung secara tiba-tiba.

Menanggapi instruksi Bupati Karo, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga berjanji secepatnya berkoordinasi dengan perangkat desa dan masyarakat Sukatendel untuk membersihkan Sabodam.

"Kita harus fokus kepada normalisasi Sabodam dan harus gerak cepat. Sebab kita tidak ingin datangnya lahar susulan menerjang kawasan ini. Kita lebih baik menjaga daripada kecolongan," ujar Sinulingga.(imc/is)



Komentar

Berita Terkini