|

Tips Lansia Biar Tetap Sehat Hadapi Covid-19


INILAHMEDAN - Medan: Pengertian Lansia singkatnya adalah penggolongan berdasarkan usia yang berusia 60 tahun ke atas. Di usia itu biasanya telah memiliki beberapa kelemahan dalam bentuk fisik yang telah memasuki tahap akhir fase kehidupan.

Namun kelompok usia ini perlu diperhatikan, karena semua pasti akan sampai ke tahap ini.

Hal itu dikatakan Dr Eny Muhartiyanti Manurung menyikapi kesehatan para Lansia.

"Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan permasalahan kesehatan terkait Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang telah menginfeksi lebih dari 100.000 penduduk dunia. Wabah ini menyebabkan kematian. Kematian yang paling besar terjadi usia lansia.

"Mengutip data dari laman resmi Covid-19 milik pemerintah, jumlah kasus positif pada lansia yang berusia 60 tahun ke atas sebanyak 15,2 persen," ujar dokter yang bertugas di Puskesmas Aek Ledong Kabupaten Asahan, Sabtu (30/04/2020).

Menurutnya, golongan lansia lebih rentan terpapar wabah karena seiring bertambahnya usia. Proses penuaan akan dialami semua orang. Hal ini mengakibatkan penurunan kesehatan tubuh. Mulai produksi hormon, kepadatan tulang, fungsi gigi dan juga fungsi organ-organ tubuh.
Imunitas tubuh pada lansia juga tidak bekerja sebaik pada masa produktif. Hal ini yang menyebabkan lansia lebih rentan terinfeksi Covid-19 ataupun penyakit infeksi lainnya.

"Selain itu, tidak sedikit lansia memiliki penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, diabetes, PPOK dan kanker. Hal ini bisa meningkatkan resiko bahaya infeksi virus corona," ujarnya yang memiliki kerinduan untuk ingin memberi pelayanan kesehatan terjangkau terutama para lansia dan untuk masyarakat Kabupaten Asahan.

Dijelaskannya, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan penularan irus corona antara lain menjaga kebersihan tangan, jangan menyentuh daerah wajah,
terapkan etika batuk dan bersin, gunakan masker, jaga jarak, isolasi mandiri, jaga kesehatan.
Mengkonsumsi obat secara rutin untuk penyakit yang sedang diderita
serta kontrol secara rutin ke fasilitas kesehatan.

Menjaga kesehatan di sini berupa memastikan kesehatan fisik tetap terjaga. Misalnya dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 menit, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan olahraga ringan dan istrirahat yang cukup.

"Keadaan imun yang melemah pada lansia mengakibatkan rentannya tertular Covid-19. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan ketat terhadap lansia dengan memaksimalkan perawatan di rumah serta kepedulian keluarga untuk tetap menjaga kesehatan lansia," saran dokter yang juga aktif memberikan edukasi promosi kesehatan melalui Instagram @dr.enymuhartiyanti dan akun facebooknya dalam mendukung pencegahan penyakit kronis secara lintas sektor dan menyeluruh. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini