-->
    |

DPRD Minta Pemko Beri Efek Jera Kepling Minta Uang Urus KTP

Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala

INILAHMEDAN - Medan: Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala menyesalkan adanya oknum kepala lingkungan (kepling) yang meminta sejumlah uang kepada warga yang hendak mempercepat pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Kalau memang benar beritanya seperti itu, ini sangat kita sesalkan," kata Rajuddin Sagala, Sabtu (09/05/2020).

Sebagaimana diketahui, ada oknum kepling di Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, yang meminta uang kepada warganya yang hendak mempercepat pengurusan KTP. Berita ini sempat viral di media.

Menurut Rajuddin, tindakan oknum kepling itu sangat mencoreng wibawa Pemko Medan yang saat ini gencar memberikan pelayanan maksimal kepada warganya.

"Jelas oknum kepling seperti ini tidak menunjukkan dirinya sebagai pengayom. Bahkan malah memanfaatkan kewenangannya mencari keuntungan pribadi.

"Seharusnya kepling memberikan kemudahan dan membantu warganya ketika mendapatkan kesulitan dalam kepenguran administrasi kependudukan. Apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan," terang politisi PKS Kota Medan ini.

Kata Rajuddin, kepling sudah mendapat honor dari Pemko Medan untuk benar-benar menjalankan amanah dalam mengayomi warganya.

"Jabatan kepling itu perpanjangan tangan dari lurah atau camat yang muaranya ke Wali Kota. Jika kepling nyeleneh dalam menjalankan amanah, itu sama saja mempermalukan para atasannya," katanya.

Rajuddin juga meminta lurah dan camat memberikan teguran keras kepada kepling yang meminta uang kepada warganya dalam kepengurusan administrasi kepedudukan.

"Bila perlu copot saja oknum kepling seperti itu sebagai efek jera kepada kepling lainnya untuk tidak berbuat serupa," katanya.

Lembaga DPRD Medan sendiri, kata Rajuddin, sebenarnya terus memperjuangkan hak-hak kepling sebagai aparatur paling bawah yang bertugas mengayomi masyarakat.

"Namun para kepling juga perlu serius bekerja dan menjalankan tupoksinya," katanya.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini