|

Stok Darah PMI Menipis, 100 Personil Kodim Giat Donor


INILAHMEDAN - Langsa : Sekira 100 personil Kodim 0104/Atim dari Koramil jajaran melaksanakan kegiatan donor darah dalam mengantisipasi stok darah PMI Kabupaten Aceh Timur yang menipis di tengah wabah virus Covid-19, Selasa (07/04/20).

Pelaksanaan kegiatan dipimpin Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Hasanul Arifin Siregar di Aula Serbaguna Makodim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

" Saat ini, ketersediaan darah di PMI sangat kurang akibat masyarakat mengalami kekhawatiran mendonorkan darah di tengah pandemi Covid-19," ujar Letkol Hasanul.

Selain itu, kata dia, juga karena himbauan untuk jaga jarak dan diam di rumah, sehingga jarang yang mendonorkan darah ke PMI.

Ia menyebutkan darah yang terkumpul pada hari itu ada 70 kantong yang akan disumbangkan pada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Aceh Timur.

" Dengan donor darah, kita bisa meringankan beban pasien yang berobat ke Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Aceh Timur,” jelas Dandim.

Kepala UTD RSU Zubir Mahmud, Leli menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0104/Atim atas partisipasinya dalam menyumbangkan darah.

Leli mengatakan stok darah saat ini memang berkurang akibat mewabahnya virus corona karena diberlakukan social distancing sehingga masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah.

" Kedepannya kami berharap partisipasi masyarakat dan instansi lain untuk ikut menyumbangkan darahnya sehingga ketersediaan darah di Kabupaten Aceh Timur dapat tetap terpenuhi," imbuhnya. (imc/joy)
Komentar

Berita Terkini